333 Siswa Terima Beasiswa SBI

oleh -35 views
TERIMA MOTIVASI : Para Siswa Penerima Beasiswa GOTA Menerima Motivasi

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Sebanyak 333 siswa SD, SMP dan SMA sederajat menerima beasiswa dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban. Beasiswa Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) itu sebanyak Rp 336 juta yang dibagikan untuk siswa kurang mampu.

Beasiswa itu untuk mendukung pendidikan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Pembagian beasiswa pada semester 1 tahun ini, dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan safari Ramadan Direksi  Semen Indonesia Group selaku induk perusahaan SBI.

GOTA merupakan Program Gerakan  Orang Tua Asuh SBI, yang memfasilitasi para karyawan yang ingin menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk membantu minimal satu anak asuh dari sekitar pabrik.

Sejumlah 333 siswa yatim atau piatu dari keluarga tidak mampu yang sedang menempuh pendidikan setingat SD, SLTP dan SLTA yang menerima. Mereka berasal dari tujuh desa di sekitar pabrik yakni Desa Glondonggede, Sawir, Karangasem, Merkawang, Kedungrejo, Mliwang dan Desa Socorejo.

Penyaluran beasiswa ini dikelola oleh Pusat Kegiatan Masyarakat (PKM) yang merupakan  binaan SBI.

Menurut data survei sosial Ekonomi Nasional, pada tahun 2015, terdapat 5,3 juta anak usia 7-18 tahun yang tidak sekolah. Angka ini turun menjadi 4,7 juta anak di tahun 2016. Program GOTA diharapkan bisa membantu meningkatkan jumlah anak sekolah di Kabupaten Tuban.

Program GOTA pertama bergulir tahun 2012 dan sudah melibatkan karyawan sebagai orang tua asuh. Saat ini jumlah karyawan yang menjadi orang tua asuh tercatat lebih dari 200 orang. Pendistribusian beasiswa pendidikan disalurkan  setiap 6 bulan sekali.

Pembagian pada semester pertama biasanya di sesuaikan dengan jadwal di bulan Ramadan, bersamaan dengan pelaksanaan program rutin Ramadan lainnya, yaitu pembagian 3400 paket sembako bagi keluarga kurang mampu.

Juga sesi motivasi serta buka bersama ustadz dan ustadzah dari desa sekitar pabrik yang ikut andil dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar Pabrik Tuban melalui inisiasi pendidikan non formal (TPA/TPQ) di musala-musala secara sukarela.

Trayudi Darma, GA and Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban menyatakan bahwa GOTA merupakan wujud kepedulian karyawan SBI dalam bidang pendidikan, bagi anak-anak di sekitar Pabrik Tuban.

“Kami ingin membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di sekitar pabrik. Agar mereka dapat mengenyam pendidikan yang cukup dan memiliki daya saing untuk mewujudkan cita citanya di masa depan,’’ ujarnya.(yon)