602 Orang Ikut Ujian Perangkat Desa di Tuban

oleh -

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Sebanyak 602 orang mengikuti ujian perangkat desa yang digelar secara serentak oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, pada Kamis (13/9/2018). Peserta sebanyak itu telah memperebutkan 64 kuota lowongan perangkat desa yang terdiri dari Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala Urusan (Kaur), Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Dusun (Kadus).

“64 kuota itu berada di 61 desa yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” ungkap Bupati Tuban, H Fathul Huda ketika meninjau lokasi ujian perangkat desa di Kantor Kecamatan Palang.

Bupati yang juga mantan Ketua Tanfidiyah PCNU Tuban itu mengaku, bersyukur atas terselenggaranya ujian perangkat desa yang berjalan dengan tertib. Diharapkan ujian ini dapat dilakukan penyeleksian dan koreksi yang jujur dan transparan. Sehingga, hasilnya dapat diterima oleh semua pihak terkait dan tidak meninggalkan permasalahan dikemudian.

“Kami pastikan ujian perangkat desa kali ini tetap mengedepankan prinsip kejujuran dan keterbukaan. Dari proses awal pembuatan soal sampai ujian berlangsung berjalan sesuai aturan yang ada,” papar orang nomor 1 di Tuban itu.

Fathul Huda menambahkan, seleksi perangkat desa tahun ini terdapat 4 lowongan Sekretaris Desa (Sekdes) yang diperebutkan 46 Orang, 26 Lowongan Kepala Urusan (Kaur) yang diperebutkan 244 Orang, 17 Lowongan Kepala Seksi (Kasi) yang diperebutkan 153 Orang dan 17 Lowongan Kepala Dusun (Kadus) yang diperebutkan 158 Orang. Rinciannya, terdapat 1 Desa di Kecamatan Kenduruan, 5 Desa di Kecamatan Jatirogo, 2 Desa di Kecamatan Bangilan, 1 Desa di Kecamatan Bancar, 2 Desa di Kecamatan Senori, 2 Desa di Kecamatan Tambakboyo, 4 Desa di Kecamatan Kerek, 4 Desa di Kecamatan Parengan, 6 Desa di Kecamatan Montong, 4 Desa di Kecamatan Soko, 2 Desa di Kecamatan Jenu, 4 Desa di Kecamatan Merakurak, 3 Desa di Kecamatan Rengel, 5 Desa di Kecamatan Semanding, 2 Desa di Kecamatan Tuban, 4 Desa di Kecamatan Plumpang, 3 Desa di Kecamatan Palang, 4 Desa di Kecamatan Widang, 4 Desa di Kecamatan Grabagan dan 1 Desa di Kecamatan Singgahan.

“Alhamdulilah berjalan dengan lancar,” timpal kader terbaik NU Tuban itu.(Aff/Wn)

Link Banner