617 Bacaleg di Tuban Bakal Rebutkan 50 Kursi

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Sebanyak 617 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Tuban bakal merebutkan 50 kusri DPRD pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Tabloidnusa.com, Pada Rabu (18/7/2010) di KPU, ada 617 orang atau bakal caleg yang sudah mendaftar di KPU Tuban hinga waktu penutupan. Rinciannya, Partai Nasdem mengusung 50 bacaleg, Golkar 50 bacaleg, Perindo 30 bacaleg, Hanura 30 bacaleg, dan PAN 30 bacaleg.

Kemudian, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung sebanyak 50 bacaleg, PPP 50 bacaleg, Gerindra 50 bacaleg, PDI Perjuangan 50 bacaleg, dan Demokrat 41 bacaleg.

Selanjutnya, partai anak muda PSI mengusung 15 bacaleg, PKS 42 bacaleg, partai Berkarya 50 bacaleg, PBB 33 bacaleg dan terakhir partai Garuda mengusung 6 bacaleg.

“Total calon anggota dewan yang diajukan ada 617 orang (bakal caleg,) dari 15 parpol yang telah mendaftar,” tambah Ketua KPU Tuban, Kasmoeri kepada sejumlah wartawan.

Pri berkacamatan ini menambahkan, saat ini pihak KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan kelengkapan berkas. Sedangkan, pada 19 hingga 2 juli berkas hasil verifikasi KPU akan diserahkan kepada masing-masing parpol. Selanjutnya, pada 22-31Juli 2018, apabila perbaikan dokumen parpol dinyatakan sudah lengkap baru akan ditentukan (DCS) Daftar Caleg sementara.

“Penetapan DCS kita tentukan bulan depan,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Tuban Bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Sallamul Hadi mengungkapkan, selama pendaftaran bakal caleg pelayanan di KPU sangat maksimal. Hal itu terbukti tidak ada keberatan dari parpol sampai pendaftaran ditutup.

“Semua terlayanani dengan baik, dan tahapan pemilu berjalan sesuai jadwal,” tegasnya.(Lm/Wn)