Ada Puskesmas Belum Terakreditasi

oleh -32 views
DORONG KUALITAS: Bupati Hadir dalam Silaturahmi Keluarga Besar Dinkes. Pelayanan Kesehatan Harus Meningkat

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Di Kabupaten Tuban terdapat 33 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Dari semua puskesmas itu, hampir semua sudah terakreditasi.  Kecuali puskesmas Jatirogo karena berubah menjadi rumah sakit (RS).

Dari 32 Puskesmas yang terakreditasi, 7 Puskemas terakreditasi Utama, dan 25 Puskesmas terakreditasi Madya. Sedangkan Puskesmas Jatirogo saat ini sedang dikembangkan menjadi RSUD R Ali Manshur.

‘’Harus menunggu selesainya pembangunan dan dilengkapinya sarana dan prasarana medis,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) Tuban dr. Bambang Priyo Utomo.

Menurut dia, ditargetkan pada akhir 2019 telah terakreditasi semuanya. Mulai tahun 2020 secara bertahap seluruh Puskemas akan ditingkatkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

‘’Tujuannya, agar pelayanan kesehatan di masyarakat dapat semakin ditingkatkan,’’ katanya.

Selain itu, saat ini berobat di seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Tuban bisa dijamin bakal mendapatkan pelayanan memuaskan. Sebab, seluruh institusi layanan medis tersebut telah mendapat predikat Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan predikat baik.

‘’Capaian ini harus dapat terus ditingkatkan dengan memperoleh predikat sangat baik,’’

kata Bupati Tuban  Fathul Huda saat menghadiri halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran Dinas Kesehatan Tuban, Rabu (12/06/2019).

Bupati Huda menyampaikan rasa syukur, dan apresiasi kepada seluruh Puskesmas yang telah terakreditasi, dan memperoleh IKM predikat baik. Dia mengingatkan perlunya peningkatan angka harapan hidup di wilayahnya.

‘’Saat ini angka harapan hidup manusia di Indonesia di usia 70,06 tahun. Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,’’ terangnya.

Tenaga medis diimbau agar terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dalam melayani masyarakat harus mengedepankan kasih sayang dan ikhlas. Hal ini sebagai bentuk pengabdian terhadap tanggung jawab. Bupati dua periode mengatakan, dalam menjalankan tugas harus bersikap tawakal.

“Ketika sudah berusaha maksimal, pasrahkan hasilnya kepada Allah,” pesan bupati dua periode ini.(yon)

Link Banner