500 Kafilah Ikuti Ajang MTQ ke-28 di Tuban

oleh -425 views
Ajang MTQ, mtq unej 2018, mtq jember 2018, lomba mtq 2018, unej mtq, mtq mahasiswa 2018, mtq mahasiswa nasional 2019,

Ajang MTQ ke-28 di Tuban

Wartawan: Edy Suprayogi

Tuban,Tabloidnusa.comPembukaan acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 tingkat kabupaten sukses dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tuban di alun-alun, pada Sabtu (29/9/2018) malam.

Kegiatan tahunan itu diadakan sebagai bekal mempersiapkan Tuban sebagai tuan rumah MTQ tingkat Jawa Timur pada 2019 mendatang. Selain itu, sekaligus mencetak generasi qur’an yang berkualitas sebagai kafilah untuk masa yang akan datang.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda dengan simbolis pemukulan bedug yang dihadiri Forkompimda dan tamu undangan lain. Dihadapan peserta MTQ, tamu undangan dan masyarakat, bupati sekaligus sebagai kader terbaik NU Tuban itu menerangkan, even ini para kalifah diharapkan menjadi terbaik. Sebab, pada tahun berikutnya akan mewakili Tuban ditingkat Jawa Timur. Selain itu, mengajak selalu belajar dan mengamalkan isi Al Qur’an serta mencintai Al Qur’an agar kelak terjaga dan dicintai oleh Alloh.

“Kita mencintai kalam Alloh berarti kita akan dicintai oleh-NYA, belajar itu akan bawa syafaat dihari kiamat nanti,” tambahnya.

Sementara itu, Ajang MTQ kali ini dilaksanakan dari 29 September hingga 1 Oktober 2018. Jumlah peserta sebanyak 500 kafilah dan berasal dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Mereka berkompetesi mengikuti dan menjadi yang terbaik untuk 19 Cabang Musabaqoh baik perorangan maupun tim. Kategori perorangan antara lain, tilawah ada 6 cabang, tafsir 3 cabang, tahfid 3 cabang, khot 3 cabang, maqolah 1 cabang. Sedangkan, untuk tim (beregu) untuk cabang syarah dan fahmil qur’an, yang dibagi dua tempat pelaksanaan di alun-alun Tuban dan di masjid Agung Tuban.(Ed/Wn)