Aktifkan PAC Melalui Ranting

oleh -202 views


Penulis: Wakhid Qomari-Tulisan 2012

TAMBAKBOYO– Lama vakum, membuat Mun’im, ketua PAC Anshor Tambakboyo, tak sabar. Dia ingin kembali menghidupkan eksistensi Anshor di tingkat kecamatan itu. Namun untuk menuju ke sana, dia memulainya dengan memunculkan kegiatan di ranting. Ranting Anshor pertama yang dijadikannya sebagai pioner adalah Ranting Dasin, desa di mana dia tinggal. Dia mendorong Ranting Anshor Dasin mengikuti Turnamen Sepak Bola “Sumpah Pemuda” yang diadakan oleh Karang Taruna Desa Dasin.
Bahkan saat tim Banser (Anshor) melawan tim Waru Bolong (Sabtu,06/10/2012), dia ikut menjadi salah satu pemain Banser. Dengan persiapan apa adanya dan komposisi pemain rata-rata usia 30-an ke atas, permainan berlangsung lucu. Sering terjadi pergantian pemain di kubu Banser. “Ya.., inilah permainan sepak bola klasik dan menarik. Kedua kubu terdiri dari golongan tua. Telah terjadi 50 kali pergantian pemain dari kubu Banser,” ungkap panitia dengan bercanda.
Mun’im mengatakan bahwa keikut-sertaan Banser itu tidak berorientasi pada kemenangan, tapi hanya ikut andil meramaikan kegiatan sambil mengaktifkan Anshor saja.
Mbah Kiai Mukhalik, Penasihat PC Banser Tuban yang juga warga Desa Dasin turut hadir menyaksikan permainan punggawa Banser Dasin. Dia mengatakan bahwa dia meristui keikut-sertaan Banser Dasin, di samping ikut meramaikan acara juga untuk mendamaikan apabila terjadi kerusuhan. “Setiap acara seperti ini kan biasanya terjadi tawuran. Lha Banser saya setujui ikut agar bisa mendamaikan. Agar yang mau tawur itu sungkan karena ada Banser,” ungkapnya.

Hasil akhir permainan itu adalah 1-0 dengan kemenangan di tangan Banser. Darmuji adalah satu-satunya pencetak gol dalam permainan itu. (wakhid)