Asyiknya, Ngabuburit dengan Main “Mercon Bumbung”

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Guna mengisi waktu menjelang buka puasa atau dikenal dengan ngabuburit memang banyak cara. Seperti yang dilakukan anak-anak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Saat mengisi waktu ngabuburit mereka smtmpak asyik bermain petasan ala desa atau dikenal mercon bumbung.

Ya bermain meriam bumbung, anak-anaknya menyebutnya memang sangat khas saat bulan suci ramadhan. Biasanya mereka memainkan mercon bumbung tersebut saat ngabuburit. Serunya bermain membuat mereka melupakan rasa lapar, dan tidak terasa terdengar adzan maghrib.

Seperti terlihat di sekitar pantai kelapa yang berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang. Falul (10) bersama temannya mempunyai tradisi bermain mercon bumbung guna mengisi jelang berbuka puasa.

“Permainan ini kami lakukan guna menyambut bulan suci ramadhan, dan waktu menunggu waktu berbuka puasa,” jelas Falul salah satu pemain meriam bumbung pada Tabloidnusa.com.

Menurutnya, mebuat mercon bumbung sangat mudah. Caranya kaleng bekas yang dirangkai satu dengan yang lainya, dan salah satu ujung dikasih botol untuk mengisi spirtus sebagai bahan bakunya.

“Ya, untuk membuat permainan tersebut sangat mudah hanya membutuhkan kaleng susu bekas yang di rangkai dengan panjang sekitar 1 meter hingga 1,5 meter saja,” ungkapnya.

Cara memainkanya juga sangat mudah, dengan memasukkan sedikit pirtus kedalam kaleng lalu diputar-putar. Kemudian dipetik dengan petikan korek bensol yang sudah di taruh di botol. Menggunakan bahan itulah ledakan terdengar ketika mercon bumbung dibunyikan.

Menurut Abi salah satu temen Falul menjelaskan, mercon bumbung bukan seperti mercon atau peledak biasa yang menggunakan bubuk mesiu. Untuk membuat peledak yang satu ini membutuhkan kreatifitas dan nyaris tanpa biaya.

“Dan bahan untuk mendapatkan bunyi ledakan kita menggunakan spirtus,” pungkasnya.(Lam/Wn)