Barongsai di Hari Santri

oleh -312 views
INSPEKTUR UPACARA : Ketua DPRD Tuban M.Miyadi saat Menjadi Inspektur Upacara HSN di Plumpang

PLUMPANG – Seni dan budaya itu bersifat umum. Karena itu, tidak ada sekat agama, suku, ras atau golongan dalam seni dan budaya. Pengin bukti? Lihat saja peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar di Kecamatan Plumpang Rabu (25/10).

Berbagai atraksi seni ditampilkan mulai tongklek yang dikenal sebagai seni khas kampung dan santri, drumband yang mewakili seni modern sampai Barongsai yang menjadi seni dan budaya khas warga keturunan Tionghoa. Kesenian itu mampu berdampingan dan menyuguhkan kebahagiaan bagi para penontonnya.

TAK MAU KETINGGALAN : Barongsai Juga Ikut Tampil di Hari Santri di Plumpang

Peringatan HSN di Plumpang digelar atas kerjasama MWC NU Plumpang bersama UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Plumpang. Juga dirangkai dengan apel Banser Plumpang. Kegiatan dipusatkan di lapangan kecamatan setempat. Hadir Kapolsek  AKP Budi Friyanto, Pelda Sapardi Wakil Danramil Plumpang serta pejabat lainnya, termasuk pengurus NU dan banom-banomnya.

Sebagai inspektur upacara Ketua DPRD Kabupaten Tuban M.Miyadi. Sementara apel banser dipimpin Komandan Satkorcab Banser Sudirwan.

MERIAHKAN ACARA : Grup Drumband juga Memeriahkan Peringatan Hari Santri di Plumpang

Suasana meriah saat 12 grup drumband beraksi dengan lagu wajib Syubbanul Wathon.  Kemudian 25 anak tampil memainkan Barongsai dan musik Tongklek. Ketua panitia Rohmad Fauji Faqih mengatakan, acara tersebut baru kali pertama digelar di Plumpang.

‘’Saatnya santri punya karya dan kreatif,’’ katanya.

Hal serupa diutarakan Syamsuri, S.pd Kepala UPT Dinas Pendidikan Plumpang. Menurut dia, saatnya Plumpang punya peran positif dalam HSN tahun. Dia mengundang seluruh lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan dalam acara itu.

‘’Kami berharap sinergi antara MWC NU dan UPT Pendidikan terus berjalan,’’ harapnya.

Ketua DPRD membacakan amanat Ketua PBNU  Prof Dr.K.H. Sa’id Aqil Shiraj. Ketua MWC NU Plumpang K. Ahmad Muin , S.Pd.I berharap semoga peringatan HSN isa Istiqhomah dan lebih baik lagi.

‘’Kegiatan awal sudah bagus. Terimakasih pada panitia yang sudah bekerja keras. Ke depan semoga lebih baik lagi,’’ ujarnya. (edy)

Link Banner