Begini Cara Bupati Hibur Warga yang Dilanda Kekeringan

oleh -152 views
BANTU AIR BERSIH : Bupati Tuban Fathul Huda saat membagikan air bersih untuk warga (Humas for Tabloidnusa.com)

 

‘’Kunjungi dan Beri Bantuan Air Bersih’’

TUBAN – Kekeringan akibat musim kemarau, membuat sebagian warga susah. Sebab, kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari sulit didapat. Belum lagi, kondisi tersebut membuat warga yang sebagian besar petani itu nganggur karena tak bisa bekerja di sawah atau ladang.

Kondisi itu, bisa dirasakan  Bupati Tuban Fathul Huda. Sehiongga orang nomro satu di BUmi Wali itu datang langsung ke tengah-tengah warga. Selain membagikan air bersih gratis, bupati juga mengajak warga berdialog. Harapan dan unek-unek warga itu menjadi masukan bagi bupati.

Bupati mengaku sudah berupaya keras untuk mencari jalan keluar atas kekringan yang setuap tahun datang itu. Namun, tidak mudah untuk menentukan program yang tepat.  Salah satunya adalah sulitnya mendapatkan sumber air pada wilayah-wilayah tertentu. Beberapa pengeboran  gagal menemukan sumber air. ‘’Saat dilakukan tes geolistik  ternyata penentuan titik lokasinya kurang tepat. Sehingga harus dilakukan tes kembali tahun berikutnya,’’ begitu kata bupati saat  datang di Desa Sidonganti Kecamatan Kerek, Rabu (04/10) lalu.

Selain Desa Sidonganti, Desa Nguluhan dan Maindu Kecamatan Montong juga dikunjungi. Kehadiran bupati disambut antusias oleh warga. Saat langsung ketemu bupati, mereka berharap permasalahan kekeringan bisa egera dapat teratasi. Di Desa Sidonganti bupati asal Montong itu  menyampaikan komitmennya di hadapan masyarakat Dusun Tegal Guo. Pada Tahun 2018 nanti saluran air bersih akan sampai hingga ke dusun mereka. “Alhamdulillah sumur uji di Dusun Soco Desa Sidonganti telah berhasil, kita akan lakukan pipanisasi hingga ke Tegal Guo, ‘’ janjinya.

Sedang di Desa Maindu dan Nguluhan Kecamatan Montong,  tahun depan juga dianggarkan pengembangan sarana prasarana air bersih. Tahun 2014 dulu Desa Nguluhan pernah gagal karena kapasitas sumur kecil, sehingga tahun 2018 akan dilaksanakan lagi pembuatan sumur uji. (rizqi)

Link Banner