Begini Cara MI Hijah Komunikasi dengan Orangtua Siswa

oleh -211 views
DISKUSI : Kepala MI Hijah saat Memandu Diskusi

TUBAN – Duduk santai lesehan di lantai musala. Saling bertukar fikiran, diskusi dan komunikasi dua arah. Itulah yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah (MI Hijah) Tuban menjaga hubungan dengan orangtua atau wali siswanya.

Dalam forum itu, semua bebas menyampaikan pendapat. Bahkan, kritikan pun diterima dengan baik.

‘’Semua demi kebaikan bersama. Disampaikan saja apa yang menjadi ganjalan,’’ ujar Kepala MI Hijah Fauzi.

Sebelumnya dia Fauzi menyampaikan pesan bahwa orang tua siswa harus menyempatkan diri untuk mendampingi putra putrinya belajar. Hanya, orangtua harus tahu karakter dan memahami kecenderungan anak. Karena masing-masing tipe anak mempunyai cara belahar yang berbeda.

Anak yang cenderung dengan visual atau membaca. Sehingga, jika belajar lebih banyak membaca dan menulis. Sehingga, anak model ini biasantya rajin membaca dan belum merasa belajar kalau belum membaca atau menulis.

Ada juga anak yang cenderung dengan mendengar. Sehingga, ketika belajar lebih suka dibacakan, atau mendengar cerita. Atau mendengar kata-kata. Selanjutnya adalah anak yang cenderung bergerak atau tak bisa diam. Mereka belajar dengan cara bergerak.

GAYENG : Suasana Diskusi Orangtua Siswa MI hijah

‘’Jika orangtua tak memahami sulit untuk mengajari anak. Karena itu harus difahami. Anak tidak perlu dipaksa-paksa melakukan ini itu, karena sudah punya kecenderungan masing-masing,’’ terangnya.

Karena banyak orang tua yang tidak memahami kecenderungan anak, anak biasanya dipaksa melakukan apa yang diinginkan orang tua. Karena itu, Fauzi mengatakan, banyak anak yang justru merasa percaya dan nyaman dengan ustadz atau ustdazahnya dibanding dengan orangtuanya sendiri.

‘’Kenapa begitu, ini harus dicari penyebab. Orangtua harus instropeksi dan mengubah pendekatannya pada anak,’’ tandasnya,

Usai diskusi dilanjutkan dengan mengambil rapor di masing-masing kelas. Saat pengambilan rapor ini, orang

tua bisa konsultasi mengenai anaknya pada wali kelas masing-masing.(rizqi)