Begini Pernyataan Wabup Tuban, Usai Mengunjungi Gua di Semanding

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban, Tabloidnusa.com- Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein mengatakan, pemerintah akan mendukung sepenuhnya, jika nantinya gua yang baru ditemukan itu layak dijadikan objek wisata.

Pernyataan itu ia sampaikan, saat mengelar kunjungannya ke penemuan Goa yang berada di pegunungan Batu Kapur, di Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban. Selasa (7/8/2018).

“Bila dinyatakan layak sebagai objek wisata, Pemkab akan mendukung penuh pengembangan destinasi wisata goa tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, gua itu belum pernah terjamah oleh tangan manusia, jadi benar-benar alami. Jika nantinya dijadikan objek wisata maka akan berdampak pada dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Jadi.

Di ketahui beberapa hari lalu kelompok pecinta alam telah berhasil masuk dan melakukan pemetaan di dalam goa. Hasilnya, diketahui di dalam goa yang memiliki panjang lorong sekitar 214 meter tersebut menyimpan banyak keindahan ornamen stalagtit dan stalagmit yang khas.

Selain itu, dari pemetaan juga ditemukan ornamen-ornamen yang langka dan tidak ditemui di setiap goa. Oleh karena itu, penemuan goa yang tidak disengaja ini merupakan sebuah aset Pemerintah Desa (Pemdes) Jadi, Kecamatan Semanding yang sangat perlu diamankan.

“Keberadaan goa ini harus diamankan, baik Pemerintah Desa, aparat, maupun masyarakat umum karena ini merupakan aset Desa.” Jelasnya. Lebih lanjut ia mengatakan, peninjauan goa tersebut, juga bertujuan untuk mengumpulkan data secara topologi, geologi maupun kajian lingkungan. (Lam/Im).