Belum Ada Ijin, Pemkab Hentikan Paksa Perbaikan Patung

oleh -
Petugas menghentikan perbaikan patung Dewa Khong Co

Tuban-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol pp) Kabupaten Tuban menghentikan perbaikan Patung Dewa Khong Co di klenteng Kwan Sing Bio yang dilakukan oleh pengurus, pada Senin sore (12/02/18).

Patung tertinggi se-Asia itu yang sebelumnya menimbulkan gejolak di masyarakat telah ditutup pakai kain putih. Lantaran terkena sinar matahari dan hujan, kain yang menjadi penutup patung tersebut rusak hingga menyebabkan kerusakan lainnya. Melihat kondisi itu, pihak pengurus melakukan perbaikan pada bagian yang rusak. Tetapi, untuk perbaikan tidak ada konfirmasi terlebih dahulu pada pihak yang terkait, sehingga perbaikan patung dihentikan.

“Ini komitmen kita semua dan sudah dikoordinasikan dengan satpol pp untuk memberhentikan renovasi tersebut. Dan kita menyarankan pihak klenteng segera memebentuk pengurusan yang baru, dan mentaati rapat koordinasi yang sudah dilakukan sebelumnya,” terang Kepala Kesbangpol, Heri Sumarno.

Sementara itu, Ketua Umum Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan menyampaikan, karena pihak klenteng khawatir apabila terjadi sesuatu yang tidak dinginkan pada patung. Kemudian, dilakukan renovasi terkait keretakan patung dengan cara menambal bagian yang retak dan pengelasan pada besi. Apabila potongan pedang tersebut jatuh mengenai pengunjung terus siapa yang bertanggung jawab. Sebab, yang namanya besi itu semakin lama akan berkarat apalagi terkena angin laut seperti ini.

“Kita khawatir apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan,” jelas Gunawan.(Salam)