BEM Unirow Gelar Seminar Pemilih Pintar

oleh -

Tuban-Badan Eksekutif Mahasisiwa (BEM) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menggelar seminar tentang pemilih pintar di gedung perpustakaan kampus setempat, Rabu (21/03/2018).

Kegiatan yang mengambil tema “Menigkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pesta demokrasi” itu, BEM Unirow telah mengandeng KPU Tuban, Bawaslu Tuban dan Polres Tuban.

Ketua Panitia Ahmad Afiffuddin mengatakan, acara ini menghadirkan narasumber dari berbagai pihak. Dari KPU dihadiri dalah satu Komisioner, Yayuk Dwi Agus, Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban diwakili Sullamul Hadi dan pihak kepolisian diwakili AKP Ahmad Soleh.

“Semoga acara ini mendukung jalannya pesta demokrasi tanpa ada kontradiksi dari berbagai golongan,” ucap Afiffudin.

Senada disampaikan Ketua BEM Unirow, M. Ainul Makhasin menjelaskan, peran pemuda sangat dibutuhkan untuk mengawal pesta demokrasi. Hal itu bertujuan menciptakan demokrasi yang damai. Terutama, dalam menghindari politik uang (money politic) yang mana pada momen pemilu kerap terjadi kecurangan.

“Acara ini kurang lebih diikuti 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa Unirow dan perwakilan kampus-kampus yang berada di Tuban. Selain itu, diikuti pula peserta SMA/ SMK Sedrajat. Mereka kami libatkan agar menjadi pemilih pemula yang bijak,” harap Ketua BEM asal Kabupaten Rembang itu.

Terpisah, Rektor Unirow, Dr. Supiana Dian Nurtjhayani menyampaikan, mahasiswa harus mengawal pesta demokrasi. Sebab, mahasiswa sebagai agen of change and agen of control”. Disitulah mahasiswa menjadi pelopor pemilih pemula yang mencegah adanya money politik.

“Semoga seminar ini memberi pengetahuan tentang pemilu yang bersih dan tanpa ada kecurangan,” urai Dian begitu sapaan akrabnya.(Salam)