Bersama Mengalahkan Stroke

oleh -502 views
TERAPI BERSAMA : Penderita Stroke saat Menjalani Terapi Bareng
TERAPI BERSAMA : Penderita Stroke saat Menjalani Terapi Bareng

PLUMPANG – Bareng-bareng mengalahkan stroke. Itulah yang dilakukan paguyuban stroke Obah Sitik Joss asal Plumpang. Paguyuban yang berdiri Januari 2916 ini mengupatakan penyembuhan stroke tampa biaya. Paguyuban juga merangkul para penderita stroke agar semangat untuk sembuh.

‘’Paguyuban stroke ini di bawah binaan Puskesmas Plumpang,’’ ujar Winarso, ketua paguyuban.

Pria yang juga mantan penderita stroke ini mengatakan, dia adalah petugas kesehatan Puskesmas Plumpang. Selama tiga tahun pernah mengalami stroke. Sekarang berhasil sembuh berkat kerja keras serta semangat hidup yang kuat drinya. Secara rutin dia mengikuti fisioterapi infrared lamp dari seorang terapis Sulistiyo Widodo dari Puskesmas plumpang.

‘’Sekarang sudah sembuh 80 persen dan sudah bisa berjalan serta beraktivitas kerja seperti biasa,’’ ungkapnya.

Berangkat dari pengalaman itu, dia ingin membagikan dan menyemangati penderita stroke, sehingga mendirikan paguyuban. Secara rutin melaksanakan terapi secara bersama-sama tanpa dipungut biaya alias gratis.

‘’Stroke bisa sembuh, karena stroke bukan akhir dari segalanya. Yakinlah,’’ kata Winarso memberi semangat pada dirinya dan rekan senasib.

Sementara fisioterapis stroke Sulistiyo Widodo mengatakan, dengan dukungan dari kepala Puskesmas Plumpang dan semangat hidup, paguyuban ini bisa berjalan dan menolong ratusan penderita stroke. Dari data yang ada sebanyak 679 orang sudah sebuh dari stroke. Setiap harinya rata-rata paguyuban ini dapat melayani 100 pasien dengan alat infrared lamp lima unit milik petugas terapis.

‘’Dengan ikhlas dan sabar melaksanakan terapi, alhamdulillah banyak pasien yang sudah sembuh,’’ terangnya.
Kepala Puskesmas Plumpang Boedi Winoto,mengatakan kegiatan sosial itu mestinya didukung banyak pihak. Mislanya pengusaha atau pemkab. Misalnya dengan membantu untuk menunjang kegiatan fisioterapi stroke oleh paguyuban.

‘’Harapannya ada bantuan fasilitas untuk fisioterapi stroke ini,’’ tandasnya.(salam)