Bojonegoro Punya Si Gogor Kota Lain Apa Ya ?

oleh -299 views
IKON BOJONEGORO : Si Gogor Ikon Kreatif Bojonegoro

BOJONEGORO – Upaya Kabupaten Bojonegoro untuk menggerakkan sektor wisata, ekonomi kreatif dan sektor lainnya diwujudkan dengan beragam cara. Salah satunya adalah dengan launching  Si Gogor maskot Bojonegoro , Sabtu (21/10) di halaman Gedung Pusat Pengembangan Industri Kreatif Jalan Veteran Bojonegoro.

Launching si Gogor juga dirangkai dengan pameran bertajuk Jonegoro Creatif Fair yang diikuti oleh pelaku UMKM di wilayah Bojonegoro. Makanan, minuman dan aneka produk olahan disajikan. Ada juga sektor agrobisnis seperti jambu merah,salak,jambu kristal dan belimbing. Aneka kerajinan juga tak ketinggalan di acara yang digelar tiga hari sejak Sabtu itu.

Si Gogor  dalam bahasa jawa adalah sebutan untuk anak macan atau harimau. Si Gogor ini terinspirasi dari bentuk celengan khas Bojonegoro dari  Desa Rendeng Kecamatan Malo. Celengan model ini pernah jaya di era di tahun 1980 an. Sampai saat ini melegenda dan banyak diminati warga.

Agus Supriyanto Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menjelaskan, kreatifitas bisa berbuah rupiah. Krearifitas membutuhkan asahan. Launching maskot Bojonegoro hasil Ikkon Bekraf tahun 2017.  Di arena juga digelar pertunjukan budaya, antara lain wayang thengul, band pelajar pelajar serta elektone.

Bupati Bojonegoro, Suyoto, menyampaikan, butuh proses panjang untuk meyakinkan bahwa industri kreatif menjanjika. Lima tahun lalu, kaat dia, orang Bojonegoro mendengar kata kreatif saja minder.

‘’Ketika kita ngomong kreatif langsung ngeri,’’  katanya.

Namun saat ini, gayung bersambut dengan didukung berbagai pihak. Dimulai rintisan anak muda dan Dekranasda.  Kemudian bertemu IKKON Bekraf sehingga menemukan ide yang kreatif dan luar biasa. Ketika berkumpul, menemukan ide ide kreatif. Ide kratifitas kalau terus dipupuk lambat laun menjadi makin cerdas. ‘’Diibaratkan kita saat ini mampu berdiri dan berlatih berjalan. Maka ini sejalan dengan semangat Si Gogor, adalah spirit Bojonegoro Go yakni akan terus berjalan dan maju,’’ jelasnya. (rizqi)

Link Banner