Bupati Ingatkan CJH Tak Banyak Swafoto

oleh -240 views
BERI PESAN : Bupati Tuba Fathul Huda Memberi Pesan para CJH

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Bupati Tuban Fathul Huda meminta pada calon jamaah haji (CJH) untuk fokus pada ibadah selama di Tanah Suci.

Para CJH harus terus menjaga niat, sikap dan perbuatan selama menjalani rangkaian ibadah haji yang dilakukan. Termasuk tidak melakukan swafoto atau selfie, apalagi di tempat-tempat tertentu.

‘’Jangan merasa diri lebih, harus menata hati. Meski punya jabatan, punya kekayaan dan punya ilmu,’’ ujarnya.

‘’Juga tidak berselfi di tempat-tempat yang keramat, jika kita benar-benar ingin diterima sebagai shohibul bait, Allah SWT,’’ tekan bupati yang juga kiai ini.

Karena itu, sambut pria asal Kecamatan Montong ini, para CJH harus bersyukur ditakdirkan sebagai tamu Allah tahun ini.

‘’Tata krama, baik tata krama lahir maupun batin harus terus dijaga,’’ pesannya.

Saat sudah sampai Tanah Suci, lanjut bupati dua periode ini, para CJH akan menemui orang dari berbagai bangsa. Dengan cara berpakaian dan cara sholat serta kebiasaan yang berbeda.

‘’Sebaiknya diam saja tidak usah menyalahkan ataupun membicarakan hal tersebut,’’ katanya.

JAGA SIKAP : Para CJH Diminta Menjaga Siap dan Perbuatan Selama di Tanah Suci

Sementara itu, Kepala Kemenag Tuban, Drs. Sahid, MM, berharap kepada semua CJH bisa memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya. Karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

‘’Jadi manfaatkan betul. Kita berharap agar bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji mulai dari sunah, wajib dan rukun sehingga menjadi haji yang mabrur,’’ harapnya.

Sahid mengingatkan para CJH  agar mengikuti petunjuk dan bimbingan dari petugas yang menyertai. Mulai ketua regu (karu), ketua rombongan (karom) dan petugas kloter.

‘’Selain itu harus menjaga kesehatan, terutama waktu berada di Arab Saudi karena cuaca yang sangat panas,’’ tandasnya.

Selain itu, atas nama Kementerian Agama Kabupaten Tuban, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu suksesnya penyelenggaraan ibadah haji.

Utamanya kepada Bupati Tuban, PT Semen Gresik Pabrik Tuban, para pembimbing (karu, karom,  petugas kloter dan KBIH) serta semua panitia yang terlibat.

‘’Semoga Allah membalas kebaikan ini dengan balasan yang berlipat ganda,’’ harapnya.

CJH Tuban yang diberangkatkan sebanyak 883 orang. Pemberangkatan dan pelepasan CJH gelombang II Kloter 76 dan 77 dilakukan Bupati Tubandi Pendopo Kridho Manunggal, Kamis (01/08/2019) pukul 06.00 WIB.

Selain bupati, hadir juga wakil bupati, tokoh agama, Forkopimda, pimpinan ormas, pimpinan organisasi dan instansi terkait.

CJH Tuban terdiri dari 2 kloter, yakni kloter 76 dan 77 dengan 2 TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) atau ketua kloter.

Juga 2 TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) 6 TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia, terdiri dari 1 dokter tiap kloter dan 2 paramedis tiap kloter. (lai/yon)