Cerdas Cermat, SMK YPM 12 Tuban Nomor 13

oleh -285 views


Penulis: Wakhid Qomari-Tulisan 2012

TUBAN KOTA– SMK YPM meraih peringkat ke-13 pada Lomba Cedas Cermat 4 Pilar Bangsa Indonesia dilaksanakan di Aula SMAN 1 Tuban pada 07 Agustus 2012. Lomba tingkat SLTA (SMA/SMK/MA) negeri maupun swasta tingkat kabupaten Tuban itu diikuti oleh 32 sekolah. Setiap sekolah mengirim 1 tim yang terdiri dari 5 siswa.
Hadir dalam acara pembukaan, Hidariyah, wakil anggota MPR RI. Dia mengatakan bahwa usaha untuk mensosialisasikan 4 pilar bangsa (Pancasila, UUD ’45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) adalah tugasnya sebagai anggota MPR RI. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa ideologi Pancasila seharusnya tidak sekedar menjadi norma saja tapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Pancasila tidak menjadi sesuatu yang normatif, tapi harusnya mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak hal yang bisa menggoncang ideologi kita. Oleh Karena itu, kita bertanggung jawab memperjuangkan ideologi itu,” ungkapnya.
SMK YPM Tuban hadir sebagai salah satu peserta dari SMK swasta. Nama-nama siswa SMK YPM yang dikirim adalah Wiwik Nur Khozanah, Anggono Kristianto, Ayu Triaprilia, Wantika dan Acong Wahyudi.
Ditanya mengenai persiapan, mereka mengaku kurang persiapan karena hanya mempunyai waktu 3 hari untuk belajar.
Lomba itu dibagi menjadi 3 babak: babak penyisihan, semi final dan final. Pada babak penyisihan, setiap tim diberi  satu lembar jawaban. Soal yang berjumlah 25 poin tersebut dibacakan panitia satu per satu. Setiap soal yang dibaca, semua tim diberi waktu 30 detik untuk menjawab dengan menulis jawaban di lembar jawaban yang diberikan. Sembilan tim yang akan diambil untuk masuk pada babak semi final dan selanjutnya tiga tim yang akan masuk dalam babak final.
Setelah seluruh soal selesai dibaca, semua lembar jawaban dikumpulkan kepada panitia. Dari hasil penilaian panitia, SMK YPM meraih peringkat ke-13. Supeni, guru pembimbing tim SMK YPM, mengaku lemas (baca: deg-degan) melihat hasil babak penyisihan. Namun, dia merasa puas dengan pencapaian itu. Menurutnya pencapaian itu sudah luar biasa mengingat persiapan yang dilakukan sangat minim. “Ini kan sebenarnya masih ada acara Pondok Ramadhan, jadi kemarin itu anak-anak fokus di acara tersebut,” ungkap guru PKn itu.
Senada dengan Supeni, Mahfud, ketua PC LP Ma’arif NU Tuban, yang berada di tempat saat acara berlangsung mengaku puas dengan apa yang dicapai tim dari SMK YPM. “Saya puas, katanya kurang persiapan tapi mampu mengungguli sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang lain,” ungkapnya. (wakhid)