CJH Tuban Diberangkatkan, Ini Pesan Bupati

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban resmi diberangkatkan oleh Bupati Tuban, H Fathul dari Pendopo Krido Manunggal, pada Selasa (31/7/2018) pagi.

Menurut keterangan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menyebutkan, ada 1.010 CJH yang berangkat pada 2018 ini. Mereka tergabung dalam kloter 42, 43 dan 44. Sedangkan, CJH yang gagal berangkat 1 orang karena meninggal dunia.

“Yang meninggal dunia bernama Karsimin (62) asal Desa Rayung, Kecamatan Senori,” ujar Umi Kulsum, Kasi Penyelenggara Umroh dan Haji Kemenag Tuban kepada Tabloidnusa.com.

Sementara itu, Bupati Tuban, H Fathul Huda dihadapan para CJH sebelum berangkat ke Surabaya menyampaikan, jamaah haji harus menjaga perkataan, jangan saling menggunjing atau padu. Sifat Al Ilmu dan tawaduk harus dilakukan sesama manusia. Selain itu, jamaah haji juga harus tawaduk kepada Allah SWT.

“Tawaduk kepada Allah, merasa kita ini masih lemah, Lakhaula wala kuata illa billa. Tidak ada kekuatan apapun tanpa pertolongan Allah taala. Mudah-mudahan bapak ibu diberi sifat darmawan dan loman sesuai potensinya masing-masing,” ungkapnya.

Fathul Huda menambahkan, sebagai jamaah haji jangan merasa paling tinggi, sebab semua butuh pertolongan. Saat di tanah suci perbanyak shodakoh, baik kepada pembersih masjid maupun yang bekerja di sana. Semoga jamaah haji asal Tuban nanti diberikan sifat akhlakul kharimah dan sifat yang dihilangkan dari ego.

“Bapak ibu tetaplah mendoakan negara ini. Kita ini dimakmurkan oleh Allah. Kemudian, masyarakatnya diberi hidayah oleh Allah. Sehingga, menjadi taat kepada Allah. Selain itu, pemkab juga memberikan talih asih kepada penjual lontong asal Rengel yang tahun ini berangkat ke tanah suci,” bebernya.(Lam/Wn)