DARI KAMI TABLOID NUsa EDISI 11//Segera Evaluasi Orientasi

oleh -168 views
JELANG SETAHUN: Beberapa Tabloid NUsa yang sudah diterbitkan sejak April 2012 lalu.


Satu langkah lagi, Tabloid NUsa akan memasuki usia satu tahun. Sungguh, sesuatu yang patut disyukuri kalau hingga edisi ke 11 ini, NUsa masih bisa bertahan hidup. Namun, rasa syukur tersebut, tentu tidak menjadikan kami tutup mata atas realitas yang ada. Di mana, hingga edisi ke 11 ini, NUsa yang gagasan awalnya adalah untuk menjadi tabloid komunitas warga NU, belum tumbuh subur dan sehat seperti yang diharapkan. Napas tabloid ini masih ngos-ngosandan sangat rentan terserang penyakit mematikan.

Semula, dengan menetapkan diri sebagai tabloid komunitas, maka orientasi profit benar-benar dijauhkan dari benak pengelola NUsa. Yang penting bisa hidup dan bisa memberikan pengabdian yang terbaik, berupa adanya informasi yang positif dan inspiratis bagi warga komunitas, mendidik dan mencerdaskan warga komunitas. Namun, ketika perjalanan hampir satu tahun, kami dihadapkan pada realitas yang delematis. Untuk hidup ternyata butuh berbagai asupan gizi yang berbiaya tinggi. Dan itu, ternyata tidak cukup tersedia di komunitas ini.
Karena itu, mau tidak mau sekarang kami harus melakukan evaluasi orientasi. Kami harus berpikir keras agar media yang sudah terlanjur lahir ini bisa tetap hidup dan eksis di tengah-tengah masyarakat Tuban, khususnya warga NU. Dalam bahasa kerennya, kami sekarang dituntut oleh keadaan agar menerapkan menejemen profesional. Profesional di sini, tentu bukan membabi buta mengejar profit yang menjurus kapitalisasi. Namun, kami akan profesional, sebatas bisa menghidupakan dan menyehatkan. Insya Allah kami akan tetap berusaha menyeimbangkan antara pengabdian dan profesionalitas.

Ikhtiar perbaikan tersebut, insya Allah akan secara menyeluruh kami lakukan. Dari mengevaluasi sejumlah rubrik yang selama ini ada, hingga kebijakan-kebijakan mendasar yang selama ini kami gariskan. Yang jelas, semua akan kami kaji terlebih dulu. Dan pada edisi ke 12 mendatang, ketika NUsa genap satu tahun, kami harapkan ada langkah ‘’radikal’’ yang bisa kami tempuh guna menyelamatkan tabloid ini. (*)