DARI KAMI TABLOID NUsa EDISI 30//Muharram Yang Mengesankan

oleh -142 views
TAHUN BARU: Warga NU mrnyambut Tahun Baru dengan berbagai kegiatan.
Bagi keluarga besar L.P. Ma’arif Tuban, Maharram tahun ini terasa begitu penuh berkah dan mengesankan. Beberapa pekan sebelum Muharram tiba, LP Ma’arif berturut-turut menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk kepala sekolah dan guru. Yang pertama dilaksanakan secara mandiri oleh pengurus P.C. Ma’arif Tuban dan yang kedua adalah bekerja sama dengan Pemda, dalam hal ini Bagian Kesra Pemda Tuban.
Nah, melengkapi dua kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam kurun yang sangat berhimpitan tersebut, pada 2 Muharram (26 Oktober 2014) PC Ma’arif mengirim seribu tim (guru dan siswa) untuk mengikuti karnaval menyambut datangnya 1 Muharram atau Tahun Baru Hijriyah. Kegiatan karnaval ini sendiri dilaksanakan oleh Bagian Kesra Pemda Tuban.
Semula, sebelum Pemda Tuban menggagendakan dan mengundang Ma’arif Tuban untuk terlibat dalam karnaval tersebut, dua bulan sebelumnya pengurus Ma’arif telah merancang untuk menggadakan karnaval menyambut 1 Muharram. Namun karena Pemda mengadakan, agenda PC Ma’arif ditiadakan dan dileburkan dengan kegiatan tersebut.
Bagi kami, langkah Pemda tersebut patut didukung. Karena sudah selayaknya, lembaga pendidikan Islam seperti madrasah atau sekolah yang berada di bawah Ma’arif menyambut dan memeriahkan datangnya 1 Muharram dengan berbagai kegiatan. Itu adalah syiar Islam. Moment itu adalah waktu yang tepat bagi lembaga di bawah L.P. Ma’arif untuk menunjukkan eksistensinya.
Dan alhamdulilah, dalam karnaval yang dilaksanakan Pemada itu, Ma’arif bisa tampil maksimal. Tim dari Ma’arif bisa mendominasi peserta karnaval. Dari itu, kami yakin pihak-pihak yang selama ini memandang remeh Ma’arif mulai memperhitungkan kalau Ma’arif itu organisasi besar. Lembaga-lemabaga pendidikan yang di bawah Ma’arif bisa tampil menawan, tidak kalah dengan lembaga-lembaga pendidikan yang lain.
Semoga tahu depan event tersebut bisa dilaksanakan lagi. Pemda Tuban yang telah memutuskan untuk menjadikan slogan ‘’Tuban Bumi Wali’’ sebagai ikon, sudah seharusnya mengagendakan acara seperti itu lebih serius dan lebih meriah lagi. Karena dari situlah, penegasan Tuban sebagai Bumi Wali akan mendapatkan penekanan dan penguatan. (*)