Dari Ujung Jari, Kapan WBP Bebas Bisa Dilihat

oleh -

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Lapas Kelas IIB Tuban meluncurkan layanan self service berbasis Teknologi Informasi (TI) untuk keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang berkunjung, Kamis (12/03).

Kasubsi Registrasi Wenda mengatakan layanan self service tersebut menggunakan teknologi pemindai sidik jari untuk keluarga warga binaan yang sudah melakukan perekaman.

“Hanya lewat ujung jari, keluarga inti seperti ibu, adik, atau istri pengunjung akan tau kapan WBP akan bebas, dan kapan dia harus mengurus pembebasan bersyarat,” ujar Wenda.

Dia menjelaskan, layanan publik tersebut dihadirkan agar masyarakat mengetahui informasi detail terkait WBP. Kapan keluarganya yang di dalam dapat remisi, cuti bersyarat, pembebasan bersyarat, dan bahkan bebas.

“Jadi tidak perlu menanyakan lagi kapan warga binaan akan pulang atau kapan saatnya mengurus haknya karena di layar sudah tertera semua,” jelas pria asal Magetan ini.

Sementara itu, Kalapas Tuban Siswarno menambahkan, layanan self service tersebut merupakan bentuk dari  keterbukaan akses layanan informasi bagi pihak keluarga warga binaan.

“Kita buka akses informasi secara akurat dan transparan, sehingga menghilangkan pungli,” katanya.

Layanan self service, lanjut Siswarno, hanya bisa diakses oleh keluarga inti warga binaan. Sehingga memuat informasi data diri, informasi masa penahanan, tanggal kebebasan, hak-hak integrasi yang didapatkan.

‘’Juga informasi WBP kapan mengikuti program asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, dan cuti menjelang bebas hanya dalam satu sentuhan jari,’’ tandasnya.(yon)

Link Banner