Datangi Rumah Napi, Kalapas Bawakan Bantuan

oleh -
BERI BANTUAN : Kalapas Siswarno Datang dan Berikan Langsung Bantuan untuk Napi dan Warga Miskin

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com –  Di Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 tahun ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tuban Siswarno mendatangi rumah-rumah narapidana (napi) dan warga miskin.

Yang didatangi adalah rumah napi yang menerima program asimiliasi dan integrasi. Sebanyak 24 narapidana penerima program tersebut didatangi rumahnya untuk diberi bantuan.

‘’Selain napi asimilasi dan integrasi, kami juga datangi warga miskin yang lain,’’ ujar Siswarno Jumat (24/4/2020).

Rumah yang didatangi itu mendapat bantuan berupa sembako. Seperti beras, minyak goreng, mie instan dan telur. Juga alat pelindung diri seperti masker yang dibuar sendiri oleh warga binaan Lapas yang berada di Jalan Veteran Tuban ini.

Siswarno menjelaskan, bantuan berupa sembako seperti telur juga merupakan hasil dari peternakan ayam petelur milik Lapas Tuban. Sedangkan masker dan tas goodie bag yang membungkus sembako merupakan hasil karya warga binaannya.

“Ini dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56. Kami jalankan bakti sosial narapidana dengan memberikan sembako dan APD langsung diberikan ke rumah warga dan narapidana asimilasi,” jelasnya.

Pria asal Semanding ini menambahkan,  kegiatan tersebut juga dalam rangka untuk meringankan dampak pandemi Covid-19 yang tengah terjadi.

Mastur salah satu narapidana yang bebas karena mendapat asimilasi, merasa sangat terbantu dengan adanya bakti sosial ini. Apalagi sejak keluar Lapas dan kembali ke rumah, dia belum mendapatkan pekerjaan tetap.

“Terimakasih dengan Lapas yang telah memberikan sembako. Ini sangat membantu kami. Saya belum mendapatkan pekerjaan tetap,hanya serabutan,” katanya.

Dalam pembagian paket sembako, Kalapas membagi menjadi dua tim. Kedua tim tersebut disebar ke 24 titik baik di Kecamatan Kota Tuban maupun kecamatan lain seperti Semanding, Gerabakan, dan Palang.

‘’Kita ingin ikut meringankan beban saudara-saudara,’’ tandasnya.(yon)

 

Link Banner