Desa Tobo Juara Festival Tongklek

oleh -266 views
JAGA TRADISI: Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar memberangkatkan peserta Festival Tongklek



Penulis: Suwandi-Tulisan 2012

TUBAN KOTA – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban menggelar agenda di bulan Ramadhan secara serentak. Yakni festival tongklek, festival rebana dan sebagian ada yang mengadakan pelantikan. Kegiatan tersebut dihelat pada 13-14 agustus 2012. Festival tongklek merupakan agenda rutin yang tiap bulan Ramadlan diadakan oleh PC IPNU dan IPPNU.
Festival tongklek dimaksudkan sebagai upaya menyelamatkan budaya dan tradisi yang sudah turun temurun. ‘’Kegiatan ini bukan hanya ajang perlombaan saja, namun juga sebagai sarana mengembangkan potensi diri,” kata Istianah, sekretaris kegiatan Festival Tongklek PC IPNU dan IPPNU Tuban.
Festival Tongklek IPNUIPPNU  Tuban 2012 ini diikuti oleh 91 peserta dari berbagai kecamatan. Peserta tongklek disyaratkan untuk melantunkan shalawat, irama musik yang serasi dan penampilan kostum yang menarik serta diperbolehkan melakukan aksi-aksi sesuai degan tema. Peserta di tingkat kabupaten adalah para pemenang atau juara yang ada di tingkat kecamatan.
Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Husein, M. Si yang membuka acara tersebut berpesan agar peserta festival tongklek bersikap disiplin dan teratur agar pelaksanaan bisa terkendali dengan tertib dan aman. Setelah dibuka, peserta memamerkan kebolehannya sepanjang rute yang dilalui, yakni start dari alunalun Tuban, lalu Jl. Veteran, Jl. Basuki Rahmat Jl. K.H Agus Salim, Jl. Ronggolawe, Jl. Pemuda, ke Jl. Basuki Rahmat dan kembali ke alunalun Tuban lagi. Puluhan Banser dan kepolisian berjaga jaga untuk mengamankan acara tersebut.

Festival tongklek  IPNUIPPNU Tuban 2012  dimenangkan oleh grup tongklek dari Tobo, Merakurak. ‘’Kami tidak menyangka kalau mendapatkan juara umum. Kami sangat senang bisa membawa  pulang tropi ini. Semoga kami bisa mempertahanka juara ini sampai beberapa tahun,” kata tim dari Tobo. (suwandi)