Dewan Pendidikan Pasuruan Belajar Pagu Sekolah di Tuban

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban, Tabloidnusa.com- Rombongan Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Pasuruan belajar mengenai pagu sekolah dan diskusi banyak mengenai dunia pendidikan di Tuban, Selasa (31/7/2018).

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pasuruan DR. Zainal Abidin mengatakan, dipilih Tuban sebagai studi banding karena di Bumi Wali sendiri, terdapat banyak industri dan seberapa kontribusi mereka terhadap dunia pendidikan.

“Kami berdiskusi mengenai Dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sangat menarik perhatian. Sebab, keberadaan DUDI di tengah masyarakat, terkadang belum memberikan kontribusi yang memadai pada lingkungannya. Khusus peran DUDI di dalam pendidikan,” katanya.

Selain itu kedatangan Dewan Pendidikan Pasuruan selain membahas DUDI, pihaknya juga ingin diskusi dan belajar mengenai pagu sekolah. Sebab, di Pasuruan terjadi persaingan yang ketat antar sekolah.
Sehingga butuh sesuatu yang bisa mengatur agar persaingan tersebut bisa berjalan sehat.

“Saya datang bersama 6 anggota Dewan Pendidikn lainnya,Karena saya dengar di Tuban ini sudah ada batasan pagu masing-masing sekolah. Ini yang ingin kami tularkan di Pasuruan,’’ tambahnya.
Plt Kepala Dinas Pendidikan Tuban Nur Khamid yang didampingi sejumlah kepala bidang Dinas menjelaskan, DUDI di Tuban sudah cukup baik. Di dunia pendidikan juga cukup terlihat.

Sebab sejumlah perusahaan terutama migas yang membantu mendirikan pusat belajar guru (PBG) yang dilengkapi dengan fasilitas dan penyiapan SDM yang memadahi.Peran dan kualitas guru juga ditingkatkan dengan berbagai pelatihan. Sedangkan perusahaan semen BUMN memberikan beasiswa dan bantuan-bantuan kegiatan dalam bidang pendidikan.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua Dewan Pendidikan Tuban M Syaichon menjelaskan, bahwa sinergi pengelolaan pendidikan antara dinas dan Dewan Pendidikan sudah cukup baik. Sementara peran Dewan Pendidikan dalam pembinaan dan mitra Komite Sekolah juga sudah dijalankan.

‘’Kita melakukan penguatan komite dan memfasilitasi kegiatan untuk peningkatakan kapasitas komite sekolah,’’ ungkapnya. Diketahui kedatangan Dewan pendidikan Pasuruan beserta Rombongan diterima di aula Dinas Pendidikan Tuban.dan di sambut langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan enam anggota dewan pendidikan Tuban. (Lam/Im).

Link Banner