Dinas LH Ancam Cabut Izin Lingkungan PT Gasuma

oleh -
CEMARI LINGKUNGAN : Kebakaran yang Disebabkan Limbah PT Gasuma Dinilai Mencemari Lingkungan

Wartawan: Salam

TUBAN – Izin lingkungan PT Gasuma Federal Indonesia (GFI) terancam dicabut. Hal itu akibat kelalaian yang dilakukan pada 19 Juni lalu. Kelalaian itu menyebabkan kebakaran yang menimbulkan kerugian cukup banyak.

‘’Kami sudah memberikan peringatan pada perusahaan tersebut. Sebab, sesuai hasil penyelidikan di lapangan memang ada kelalaian,’’ ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban Bambang Irawan Rabu (4/7/2018).

Dia mengatakan, peringatan yang diberikan itu harus dilaksanakan. Sebab, kelalaian yang dilakukan petugas PT Gasuma hingga menyebabkan pencemaran lingkungan dan insiden kebakaran tersebut melanggar pasal 69 UU Lingkungan, dan dikenakan sanksi administrasi.

‘’PT Gasuma juga menjadi catatan merah bagi DLH,’’ tambahnya.

Jika setelah menerima peringatan perusahaan tidak mengindahkan dan mengabaikan sanksi berupa peringatan tersebut, akan diberi sanksi tegas.

‘’Izin lingkungan perusahaan bisa langsung dicabut, ’’ ancam Bambang.

Karena sudah mencemari lingkungan, lanjut Bambang, PT Gasuma juga wajib mengembalikan kondisi lingkungan seperti semula. Pemulihan lingkungan itu berupa penghijaun, pembersihan sungai dari limbah, kemudian ditebari ikan lagi. Sebab, akibat ada limbah dari PT Gasuma yang mengalir ke sungai, banyak ikan dan binatang di sungai lainnya yang mati.

Bambang berharap adanya sanksi ini, perusahaan yang beroperasi sejak 2008 itu tidak mengulangi kelalaiannya.

‘’Semua industri yang memiliki kegagalan teknologi tinggi, harus ikut serta menjaga lingkungan sekitar,’’ tegasnya.

Sementara, awal munculnya api yang membakar itu masih belum diketahui pasti. Meski sudah menemukan ada kelalaian petugas PT Gasuma, namun DLH belum mengetahui pasti dari mana munculnya api. Dugaan api dari cerobong flare juga kecil karena api flare di atas sedangkan kebakarannya di bawah.

Sedangkan Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Iwan Hari Poerwanto, juga belum bisa mengungkap penyebab kebakaran ini. Tim reskrim masih menyelidiki. Yang sudah dilakukan adalah memanggil dan memintai keterangan sejumlah saksi.

“Pemeriksaan masih berjalan,’’ katanya.(lam)

 

 

Link Banner