DPRD-Pemkab Bahas 9 Raperda

oleh -
Rapar paripurna membahas 9 raperda

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten Tuban menyepakati 9 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang dibahas dalam rapat paripurna di gedung DPRD setempat, pada Senin (21/5/2018).

Raperda tersebut menjadi pembahasan penting karena mengingat peran setrategis perda sebagai pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tuban.

Ketua DPRD Tuban, Miyadi mengungkapkan, ada 9 raperda yang dibahas, 4 diantaranya berasal dari raperda inisiatif dan 5 usulan Pemerintah Daerah. 4 raperda inisiatif tersebut tentang pengentasan kemiskinan, sistem pelaksanaan kabupaten layak anak, raperda beasiswa bagi anak berprestasi, dan terakhir raperda tentang retribusi perpanjanhan izin memperkerjakan tenaga asing.

“Dalam paripurna ini ada 4 raperda dari DPRD,” ujar Miyadi.

Ia menambahkan, dari 4 raperda itu yang menjadi fokus DPRD dan pemda yakni penurunan angka kemiskinan. Selain itu, perlindungan sosial juga penting diberikan kepada masyarakat, terutama pada anak sebagai generasi penerus bangsa. Pemberian reward dan kesempatan bagi tunas bangsa yang memiliki potensi unggul harus diberikan. Sehingga, bisa mendorong dan memberikan kontribusi pembangunan di Kabupaten Tuban.

“Kesempatan kali ini kami juga membahas raperda tentang IMTA atau tenaga asing. Sebab, dengan rencana pembangunan perusahaan besar berskala internasional juga mendesak untuk dibahas,” beber Ketua DPRD kelahiran Bojonegoro tersebut.

Terpisah, Wakip Bupati Tuban, Ir Noor Nahar Husein menerangkan, ada 5 raperda yang disodorkan pemkab pada paripurna tersebut. Raperda pertama tentang perpustakaan, kerasipan, pengelolaan barang milik daerah dan raperda tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 13 tahun 2015 tentang perusahaan daerah air minum Tirta Lestari Kabupaten Tuban, serta raperda pencabutan peraturan daerah nomor 7 tahun 2011 tentang retribusi izin gangguan.

“Ada 5 raperda yang kami bawa dirapat paripurna tadi,” jelasnya.

Sementara itu, rapat paripurna tersebut setelah pembacaan nota penjelasan dari Wakil Bupati Tuban dan Bapemerda dilanjutkan dengan pembentukkan 4 pansus. Pansus tersebut bakal membahas dan membedah secara intensif terhadap 9 raperda.(Lam/Wn)

Link Banner