Dua Warga Montong Keracunan Ikan Buntal, Satu orang Meninggal

oleh -39 views
Korban Muhaimin mendapatkan perawatan di RSUD Dr Koesma Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dua orang warga Desa Sumurgung, Kecamatan montong, Kabupaten Tuban mengalami keracunan setelah mengkonsumsi ikan buntal atau buntek pada Minggu (3/2/2019) sekitar pukul 21.00 WIB.

Dari peristiwa tersebut satu orang meninggal dunia atas nama Rudiyanto Wijaya (40) warga Desa Sumurgung, Kecamatan Montong dan satu orang dilarikan kerumah sakit atas nama Muhaimin (39) warga Desa Sumurgung Kecamatan Montong.

Dari pengakuan korban selamat, Muhaimin (39) menjelaskan, awal kejadiannya ikan dimasak untuk acara (melekan). Tetapi, tidak tahu jenis ikan apa yang dimasak dan kemudian dimakan bareng-bareng dengan teman.

“Awalnya kami ada acara melekan dan masak ikan laut. Setelah mengkonsumsi ikan tersebut, saya dan temen saya Rudianto Wijaya merasa mual dan pusing,” jelas Muhaimin saat dalam perawatan di RSUD Dr Koesma Tuban, Senin (4/2/2019).

Lanjut dia bercerita, sekitar pukul 23.00 WIB, karena kondisi tubuh tidak kuat akhirnya dibawa ke Puskesmas Montong. Sekitar pukul pukul 01.00 WIB mendengar kabar bahwa temen Rudiyanto tak terselematkan.

“Teman saya meninggal di Puskesmas Montong sekitar pukuk 01.00 WIB,” tambahnya.

Sementara itu,Direktur Utama RSUD Dr. Koesma Tuban, Saiful Hadi, menjelaskan, kalau melihat laporan tentang keracunan korban terkena senyawa kimia. Tanda-tanda yang ada, yakni sakit kepala dan rasa kesemutan.

“Satu korban bisa diselamatkan di RSUD, dan akan diberi obat yang bisa menghilangkan keracunan,” pungkasnya.

Langkah berikutnya, puskesmas setempat harus menindaklanjuti dan fokus ke tempat keracunan. Kemudian mengambil bahan makanan untuk melihat jenis racun ke tubuh korban. Selain itu, melakukan penyuluhan ke masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Masyarakat Tuban harus diberi sosialisasi, bahwa ikan itu mengandung racun, agar tidak mudah mengkonsumsi,” bebernya.(Lam/Wn)