Gandeng OKP, Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Pemilu

oleh -
Sosialisasi tingkatan pengawasan pemilu 2019 bersama OKP di Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dalam rangka meningkatkan pengawasan pemilu tahun 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban menggelar sosialisasi tentang peraturan Bawaslu nomor 4 tahun 2018 tentang Pemantauan Pemilihan Umum (Pemilu) kepada Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Tuban, pada Senin (26/11/2018).

Kegiatan yang digelar di Bukit Wilis Hotel & Resort tersebut diikuti kurang lebih 17 perwakilan organisasi kepemudaan, diantaranya, PMII, HMI, GMNI, LMND, IMM, IPNU, IPPNU, GP Ansor, AISIYAH, dan BEM, KNPI dan Karang Taruna.

Dalam sambutanya Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi mengatakan, sosialisasi ini merupakan inisiatif Bawaslu Kabupaten untuk memaksimalkan peran dan fungsi pengawasan. Selain itu, untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa selain Bawaslu masyarakat juga menjadi pemantau atau pengawas Pemilu.

“Berdasarkan peraturan Bawaslu, masyarakat juga memiliki andil besar dalam menyukseskan Pemilu 2019. Yakni, organisasi kemasyarakatan, kepemudaan atau LSM bisa memantau Pemilu,” jelasnya.

Hadi menambahkan, kinerja Bawaslu tidak akan maksimal tanpa ada partisipasi dari masyarakat. Pihaknya mengaku bahwa Bawaslu juga punya keterbatasan. Secara umum tanggung jawab suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan hanya penyelenggara dan pengawas saja, melainkan semua masyarakat.

“Oleh karena itu sangat dibutuhkan peran pemantau khususnya para kaum muda. Saya berharap sekali partisipasi para sahabat-sahabat OKP. Baik ekstra maupun intra dalam tahapan dan proses pelaksanaan Pemilu 2019. Minimal memberikan informasi jika ada indikasi pelanggaran atau kecurangan,” tambahnya.

Pihaknya berharap, dalam setiap tahapan khususnya pada pelaksanaan Pemilu 2019 ini, pemantau baik secara kelembagaan atau perorangan dapat membantu Bawaslu dalam pengawasan serta pencegahan pelanggaran Pemilu. Minimal menginformasikan atau mengingatkan Bawaslu ketika ada hal-hal yang tidak terjangkau dalam pengawasan Bawaslu.

“Kami harap seluruh masyarakat membantu kami dalam menyukseskan pemilu 2019 mendatang ini. Dan apabila OKP di Kabupaten Tuban ingin menjadi pemantau secara kelembagaan bisa langsung mendaftarkan ke Bawaslu Kabupaten,” bebernya.(Lam/Wn)

Link Banner