Gempa Bumi Guncang Bojonegoro dan Tuban

oleh -331 views
PUSAT GEMPA : Pusat Gempa Terlihat dari Citra Satelit

BOJONEGORO – Kamis siang (19/10) warga Bojonegoro dikejutkan getaran akibat  gempa bumi tektonik. Getaran terjadi sekitar pukul 10:49:15 WIB, di 15 kilometer Timur Laut Bojonegoro. Selain di Bojonegoro, wilayah di sekitarnya seperti Tuban juga ikut merasakan.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan 3,8 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 15 kilometer arah Timur Laut Bojonegoro, pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT di kedalaman 9 kilometer. ‘’Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang,’’ ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo mengutif keterangan dari BMKG.

Getaran gempa bumi, kata dia,  diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang.

‘’Berdasarkan informasi dari Stamet Tuban, getaran gempabumi dirasakan (I SIG BMKG / II-III MMI) di Tuban,’’ terangnya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi ini, hingga saat ini belum aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat  dihimbau agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yang menyesatkan. ‘’Selalu pantau informasi resmi yg disampaikan oleh BMKG,’’ katanya.

Purwanti salah satu warga warga Kota Bojonegoro mengaku merasa ada getaran, sekiar jam tersebut. ‘’Kursi yang saya duduki terasa bergetar, ya sekitar satu menit,’’ katanya.

Sementara, Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono membenarkan jika di Tuban ada laporan terjadi gempa. Menurut informasi yang dia terima, getaran dirasakan di wilayah Kecamatan Montong dan Grabagan. ‘’Tapi, gempa tidak berpotensi tsunami. Saya minta warga tetang tenang,’’ tandasnya.

Berdasarkan kajian, pusat gempa terjadi di air terjun Bongok, di Kecamatan Montong. Akibat gempa tersebut, ada rumah warga yang tembok dan lantainya retak karena tak kuat menahan getaran, yakni di Desa Maindu. ‘’Kami sudah mengirimkan personel untuk mengecek di lokasi,’’ jelasnya.(rizqi)

Link Banner