GMNI Dan GSNI Tuban Peringati Hari Pancasila dan Bagi-bagi Takjil

oleh -

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Siswa Nasional Indonesian (GSNI) Cabang Tuban menggelar peringatan hari lahirnya Pancasila dengan aksi damai dan bagi-bagi takjil di bundaran patung Tuban, pada Jum’at (01/6/2018).

Ketua DPC GMNI Kabupaten Tuban, Saiful Anwar mengungkapkan, sudah 73 tahun Pancasila menjadi suatu pondasi berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia. Namun, semakin tua umur suatu Ideologi, maka semakin tua pula tantangan yang harus dihadapinya.

“Kami berharap agar Pancasila selalu diperkuat nilai-nilai nasionalismenya. Sebab, pancasila merupakan pondasi dari Negara Indonesia. Sehingga, sudah sepatutnya sebagai kaum Nasionalisme untuk memperingatinya,” kata Saiful Anwar.

Ia menjelaskan, Pancasila bukanlah ideologi yang sempit, pancasila dibangun atas dasar semua untuk semua (Gotong Royong). Gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme yang memecah belah persatuan dan kesatuan harus dilawan.

Bung Karno menyampaikan dalam pidato lahirnya Pancasila pertama kali 1 Juni 1945 ‚ÄúInternasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak berakar di dalam buminya nasionalisme. Nasionalisme tidak dapat hidup subur, kalau tidak hidup dalam tamansarinya internasionalisme”.

“Di dalam spirit pancasila mengandung nilai-nilai luhur untuk saling mengasihi, menyayangi dan menghargai satu sama lain” jelasnya

Oleh sebab itu, sebagai pemuda dan pemudi diera millenial seperti saat ini, jangan sampai terbawa arus mengikuti paham-paham yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Karena pancasila sebagai dasar negara dan idieologi bangsa indonesia mengajarkan untuk berperikemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat, berkeadilan serta berketuhanan.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu memupuk, merawat dan menumbuhkan rasa cinta kepada sesama, nusa dan bangsa,” jelasnya.(Aff/Wn)

Link Banner