Gus Ipul Dikeroyok Guru PAUD

oleh -
SELFIE : Gus Ipul saat Selfie Bareng Punakawan di Seminar Pendidikan di Tuban

TUBAN – ‘’Beli baut pakai sepatu, guru PAUD I love you’’.

Bukan Gus Ipul jika tak bisa menarik perhatian ibu-ibu. Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf itu membuat ribuan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Tuban gaduh. Pantun pembukanya itu membuat para guru riuh.

Para perempuan yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGKTI), Ikatan Guru Raudlatul Atfal (IGRA) dan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) itu mengeroyok Gus Ipul saat hadir dalam seminar pendidikan di pendopo Kridho Manunggal Tuban Sabtu (18/11).

Gus Ipul didaulat untuk pidato dan memberi tambahan doorprize bagi peserta seminar. Maka spontan pria yang juga bakal dicalonkan menjadi calon gubernur Jawa Timur ini menambah hadiah. Yakni tiga unit motor, 15 sepeda pancal dan 9 handphone. Hadiah itu dibagi untuk masing-masing organisasi. Guru yang beruntung dan yang nomornya undiannya keluar berhak atas hadiah itu.

Nampaknya, apa yang diberikan Gus Ipul seolah timbal balik dari apa yang dijanjikan para guru tersebut. Karena, mereka mengatakan bakal mendukung Gus Ipul dalam pemiliham gubernur nanti. Mereka menyatakan siap menyukseskannya.

‘’Kita doakan, dan kita dukung Gus Ipul karena prestasi dan pengabdiannya sudah teruji,’’ ujar Siti Nur’aini ketua panitia kegiatan.

Bupati Tuban Fathul Huda sendiri juga secara tersirat menyampaikan dukungannya. Dia mengatakan, bahwa apa yang disampaikan para guru PAUD di Tuban itu bukan mengada-ada. Semuanya benar. Prestasinya sebagai wagub dua periode sudah teruji. Gus Ipul mampu menjadi pemimpin di Jawa Timur dengan  baik. Perhatiannya pada rakyat juga sangat kelihatan.

‘’Saya  bukan kampanye, karena belum waktunya. Tapi, apa yang disampaikan para guru ini memang benar. Jadi, sudah teruji pengalamannya, dan sudah berhasil membuktikan kemampuannya,’’ kata bupati.

Sementara, Gus Ipul mengatakan sangat peduli dengan pendidikan anak usia dini. Karena itu, di  Jawa Timur, ke depan PAUD akan dikembangkan, satu desa satu PAUD. Saat ini, jumlah PAUD di Jawa Timur  sebanyak 44.798 PAUD.

‘’Ini adalah yang terbesar di Indonesia,’’ ungkapnya.

Sedangkan jumlah gurunya 92 ribu guru lebih dan jumlah siswa PAUD 1,3 juta siswa lebih. Di Tuban guru PAUD hampir 5 ribu.

‘’Saya berterimakasih pada bupati Tuban yang peduli PAUD. Kami harap nanti secara bertahap insentif untuk guru PAUD akan ditambah,’’ katanya.

Terkait dengan dukungan yang diberikan pada dia agar menjadi gubernur, Gus Ipul tidak mau komengtar banyak.

‘’Doa dan harapan semuanya saya amini,’’ tandasnya.(rizqi)