Hari Pertama 6 Kafilah Tuban Bertanding

oleh -7 views
HARI PERTAMA : Pada Hari Pertama MTQ, Tuban Menurunkan 6 Kafilah

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Di hari pertama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) hari ini, enam kafilah dari Kabupaten Tuban dipastikan bertanding.

Mereka berlaga di empat cabang. Yakni  cabang makalah untuk putra dan putri serta cabang khath naskah juga putra dan putri.

‘’Kedua cabang ini digelar di SMP BAS,’’ ujar Khoirul Muqim Ketua Kafilah Tuban, Minggu (27/10/2019).

Dia mengatakan, selain dua cabang itu, kafilah Tuban juga turun di cabang musabaqah hifdzil Quran (MHQ) atau hafalan Alquran 30 Juz. Untuk cabang ini Tuban menurunkan satu kafilahnya. Sehingga untuk pagi ini, ada 5 kafilah Tuban yang bertanding.

‘’MHQ digelar di aula SMAN 1 Tuban,’’ jelasnya.

Sedang satu kafilah lagi dijadwalkan turun di cabang tilawah golaongan qiraat murattal dewasa. Pelaksanaan cabang di aula kator PCNU Tuban di Jalan Diponegoro.

Muqim berharap para kafilah yang turun di lomba hari ini mendapat prestasi terbaik. Karena itu, dia memohon doa dan dukungan dari seluruh warga Tuban, agar perjuangan para kafilah bisa menghasilkan yang terbaik.

‘’Mohon doanya agar mendapat hasil terbaik sesuai harapan,’’ pintanya.

Sekadar diketahui, setiap hari tujuh cabang yang dipertandingkan semuanya dilombakan. Hanya, tidak semua daerah mengikuti cabang tersebut, karena sesuai jadwal dan kondisi kafilah. Karena, ada daerah yang tidak punya kafilah di cabang tertentu.

Pelaksanaan disebar di 12 lokasi. Misalnya di masjid agung Tuban, aula PCNU, SMP BAS, SMAN 1 Tuban dan lainnya.

Para kafilah tidak akan tersesat atau kesulitan mencari lokasi, karena kafilah di tiap daerah didampingi dua orang petugas dari kantor kemenag Tuban. Mereka mendampingi mulai awal sampai akhir pelaksanaan MTQ nanti.(yon)