Hutan Pakah Kembali Membara

oleh -211 views
MEMBARA : Hutan Jati di Kawasan Pakah saat Terbakar

SEMANDING – Untuk kesekian kalinya, hutan di kawasan Pakah, Desa Gesing Kecamatan Semanding membara. Kali ini kejadian pada sekitar pukul 04.00 Subuh. Hutan jati yang berada di pinggir jalan Tuban-Compreng ini terlihat membara, sehingga membuat pengguna jalan khawatir.

Luasnya lahan yang terbakar membuat kawasan hutan ini diselimuti warna merah karena pantulan api dan asap tebal. Mendekat beberapa meter saja, hawa panas langsung menyergap. Terlebih cuaca musim kemarau yang bersifat kering membuat hawa panas cepat menyebar.

‘’Sekitar 1,5 hektar lahan yang terbakar,’’ ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Joko Ludiyono kemarin.

Dia mengatakan, setelah menerima informasi, dia langsung mengirim dua unit mobil pemadam kebakaran.  Begitu tiba di loksi, petugas langsung berusaha memadakam api dengan memyemprot air ke kobaran di semak-semak. Beruntung sekitar satu jam kemudian api sudah bisa dikendalikan. Meski hanya membakar di bagian bawah saja, namun cukup merugikan, karena pohon-pohon yang masih tegak bisa terganggu.(rizqi)