IGRA Jenu Gelar Manasik Haji Kecil

oleh -177 views
LATIHAN: Anak-anak TK di Jenu sedang mengikuti acara manasik haji

Penulis: Wakhid


JENU“Labbaikallaa humma labbaik… labbaikallaa humma labbaik… labbaikal laa syariikalaka labbaik… innal hamda wanni’mata laka wal mulk. Laa syarikalah.” Suara itu bergaung terus-menerus memenuhi lapangan Jenu-Tuban  pada Rabu (10/10/2012). Ratusan anak-anak dan wali murid berpakaian serba putih tersebar di segala penjuru lapangan itu.
Ya, mereka adalah para murid RA se-kecamatan Jenu yang sedang mengikuti acara Manasik Haji Kecil yang diselenggarakan oleh IGRA Kecamatan Jenu. Khoridatul Badi’ah, ketua panitia, menyebutkan acara yang memanfaatkan momentum Dzulhijjah itu diikuti 560 murid RA se-kecamatan Jenu.
Layaknya berhaji sungguhan, anak-anak diarahkan 2 orang pemandu (KH. Fathul Jawat dan KH. Abdul Aziz) untuk bergerak pada tempat-tempat yang telah ditentukan sesuai dengan rukun haji. Badi’ah mengatakan kegiatan itu bertujuan mengenalkan anak tentang haji dalam bentuk manasik haji kecil agar anak lebih cinta terhadap agama Islam.

Camat Jenu M. Mahmudi yang hadir membuka acara itu mengatakan bahwa acara seperti itu sangat baik terutama untuk memperkenalkan anak tentang ibadah haji. Selain camat Jenu, acara itu juga dihadiri oleh PSPAI Ahmad Shodiq, S.Pd, UPTD Dikpora Jenu, Puskesmas dan Polsek Jenu. (wakhid)