Impor Garam Buat Harga Turun

oleh -
HARGA TURUN ; harga Garam Produksi Petani Turun Akibat Impor
HARGA TURUN ; harga Garam Produksi Petani Turun Akibat Impor

TUBAN – Kebijakan pemerintah pusat yang akan melakukan impor garam membuat harga garam petani turun. Jika sebelumnya, harga garam mereka dihargai Rp 280 per kilogram, saat ini paling mahal hanya Rp 230 perkilogram.

‘’Bahkan ada yang hanya dihargai Rp 210 per kilogram,’’ ujar Mudi, salah satu petani garam di Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Tuban Selasa (30/01/2018).

Kondisi itu tentu dikeluhkan petani garam. Mereka menyayangkan kebijakan tersebut, karena produksi garam petani sebenarnya melimpah. Salah satunya pusat garam di Desa Cepokorejo ini.

‘’Bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan di Tuban. Hasil garam kami bahkan ada yang dikirim  keluar daerah,’’ tambahnya.

Daerah yang menjadi jujugan garam asal Tuban di antaranya adalah  Bojonegoro, Lamongan dan Juwana, Pati Jawa Tengah. Bahkan, ada juga yang yang dikirim ke luar pulau,  seperti Pulau Bali dan Lampung.

Karena itu, petani berharap pemerintah pusat mau mendengar keluhan petani ini. Sehingga membuat kebijakan yang tidak merugikan mereka. Karena turunnya harga garam membuat petani merugi.

‘’Kalau pemerintah mau impor bolehlah, tapi jangan banyak – banyak. Nasib kami ini mbok ya doperhatikan,’’ katanya.(salam)

 

Link Banner