Ingin UMKM Berkembang Ini yang Dilakukan

oleh -158 views
PELATIHAN : Suasana Pelatihan untuk Pengembangan UMKM

TUBAN –  Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bidang UMKM Kabupaten Tuban mengadakan pelatihan manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini diikuti 150 pengusaha UKM se Tuban. Pelatihan digelar dua hari 16-17 Oktober.

Kegiatan dibuka Sekretaris Diskoperindag Endang Tri Meydia. Dia mengatakan, bahwa setiap usaha harus berhasil, maju dan sejahtera. Artinya maju siap bersaing dalam perkembangan teknologi yang ada. Dan, sejahtera untuk kebahagiaan keluarga maupun orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup.

‘’Usaha yang sukses harus senantiasa memegang kendali demi Tuban ke depan agar bisa bersaing, agar maju dan sejahtera,’’ ujarnya.

Kepala Bidang UMKM Cipto menambahkan, usaha itu perlu memiliki target dan  dan pengelolaan yang baik.

‘’Agar bisa mengembangkan status usaha dari mikro ke makro usaha kecil dan menengah dengan omset 300 juta pertahun,’’ harapnya.

Kegiatan diisi oleh para pemateri yang kompeten.  Salah satu materinya adalah mengarahkan pentingnya menjadi pengusaha. Amin Jaya Panama, salah satu pemateri menyampaikan, usaha itu mudah tapi juga sulit. Yang terpenting adalah menjaga komitmen bewirarusaha dan menentukan mutu produk.

‘’Jaga komitmen produk yang bermutu,’’ katanya. (edy)