Ini Cara KPUD Kampanye Pemilu

oleh -101 views
UNTUK SOSIALISASI : Wabup Noor Nahar saat memberangkatkan jalan sehat KPUD Tuban

TUBAN-Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 depan, dan pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umun Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban menggelar jalan sehat bersama masyarakat. Kegiatan serentak seluruh jajaran KPU se Indonesia ini sebagai sosialisasi pemilu kepada masyarakat.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmoeri, mengatakan kegiatan tersebut salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih  sesuai Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017.

“Ini sebagai memelihara kesehatan jasmani dan memberikan pemahaman pemilu dan pilkada kepada masyarakat, terutama bagi pemilih pemula,”  ujarnya. Walaupun tidak melaksanakan pilkada, tetapi Kabupaten Tuban ikut melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang diselenggarakan serentak 2018.

“Pemilu mendatang diikuti sebanyak 171 daerah, yakni 17 provinsi dan 39 kota dan 115 kabupaten,’’ terangnya.

Dia menghimbau, dalam memilih pemimpin daerah harus menekankan pada aspek kompetensi, kapabilitas, integritas, aseptabilitas calon pemimpin.

“Pemimpin tidak hanya memiliki kreatifitas dan inovasi saja, namun dalam membangun daerahnya harus mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakatnya,”  kata dia.

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, keberadaan pemimpin daerah untuk menjamin terselanggaranya kehidupan demokrasi yang sehat di daerah tersebut.

“Gerakan sadar pilkada ini sebagai tolok ukur berjalannya demokrasi di daerah. Demokrasi akan berjalan baik jika partisipasi masyarakat terhadapa pilkada ini banyak diminati,” jelasnya.

Wabup meminta, kepada KPUD untuk menggencarkan sosialisasi terhadap para pemilih pemula.

‘’Ini penting karena nanti mereka yang akan mewarisi kehidupan kesadaran demokrasi dan politik ke depan,’’ tandasnya.(andi)

Link Banner