Ini Cara Nguri-Nguri Batik

oleh -259 views
SERIUS : Salah Satu Peserta Terlihat Serius Melukis Batik

Seribu Siswa Mendesain dan Melukis Batik Bareng

TUBAN – Batik Tuban sudah diakui kualitas dan keunggulannya. Karena itu, harus terus dilestarikan. Seluruh warga harus didekatkan dan diajak untuk mencintai batik. Kaum muda harus dikenalkan dan diajak untuk melestarikan warisan budaya adiluhung tersebut.

Itulah yang dilakukan Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan  Tuban. Minggu (22/10) dinas ini mengajak sekitar seribu siswa untuk mendesain dan melukis motif  batik tulis khas Tuban. Acara yang diikuti siswa dari SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA ini digelar di lokasi wisata Pantaio Boom Tuban. Tak heran, lokasi it penuh sesak oleh pengunjung.

Kepala Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan  Tuban Agus Wijaya mengatakan, kegiatan ini menjadi agenda rutin yang digelar dinas yang dia pimpin. Tujuannya untuk melestarikan batik khas Tuban. Generasi muda harus dikenalkan dan diharap mencintai batik. ‘’Dengan kegiatan ini setidaknya anak-anak mulai kenal batik,’’ ujarnya.

Setelah kenal, diharapkan mencintai. Aya kreasi dan ide-ide para siswa ini bisa menjadi motif baru batik, tanpa meninggalkan ciri khas Tuban. Sehingga motif batik khas Bumi Wali ini semakin banyak ragamnya. Semakin kaya ragam dan motif, pelanggan semakin banyak pilihan. ‘’Desain generasi muda biasanya lebih berani dalam warna dan goresan. Ini penting, untuk memperkaya motif. Namun, ciri khas Tubannya masih kental. Ini sangat bagus untuk pengembangan ke depan,’’ katanya.(rizqi)