Ini Cara SMP N 6 Tuban Bentuk PPK

oleh -
Siswa membagikan abate kepada warga

Tuban-Sudah beberapa tahun terakhir ini Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Tuban ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sebagai sekolah percontohan dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Kharakter (PPK). Atas kepercayaan tersebut, sekolah satu-satunya di Kabupaten Tuban yang ditunjuk sebagai sekolah PPK itu terus bergeliat.

Terbaru pada Minggu (4/2/2018), ratusan siswa-siswi antusias membagikan ribuan obat pembunuh jentik nyamuk (abate) disekitar lingkungan sekolah tepatnya di Kelurahan Baturetno, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Tak hanya itu, para siswa memberikan sosialisasi penyadaran kepada warga setempat agar melakukan pola hidup sehat dalam sehari-hari. Tujuannya, supaya masyarakat terhindar dari ancaman berbagai penyakit, khususnya penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 6 Tuban, Salam Basuki mengatakan, kegiatan tersebut guna melatih karakter siswa dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Bahkan, ini bentuk implementasi dari program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Ada 1.500 abate yang dibagikan kepada warga sekitar sekolah,” ujar Salam yang juga sebagai Penanggungjawab program PPK.

Siswa sosialisasi pola hidup bersih dan sehat pada warga

Ia menambahkan, melibatkan para siswa terjun langsung ke masyarakat dapat memberikan pelajaran dan pengalaman lebih, jika dibandingkan dengan hanya belajar di dalam kelas. Selain itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa sosial yang tinggi pada siswa.

“Selama ini sudah melakukan sosialisasi secara rutin sejak 3 tahun terakhir. Nantinya warga sekitar sekolah ini melaksanakan pola hidup sehat, sehingga dapat terhindar dari penyakit DBD,” terangnya.

Terpisah, Kepala SMPN 6 Tuban, Fathul Muin memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut dengan lancar. Kegiatan itu bentuk belajar siswa dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Sehingga, para siswa bisa menumbuhkan kepeduliannya di lingkungan sekitarnya.

“Ini komitmen kami dalan memberikan penyadaran pentingnya pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar sekolah. Semoga kegiatan ini bermanfaat kepada siswa dan warga sekitar,” jelasnya.(Wan)