Ini Tiga Hal yang Wajib Ada di Kamar Hotel Tuban

oleh -40 views
PASTKAN ARAH KIBLAT: Agar Arah Kiblat Kamar dan Musala Hotel Benar, Tim Pengukur Kiblat Turun Tangan

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Kantor Kementerian Agama Tuban meminta setiap kamar hotel di Tuban menyediakan tiga komponen. Yakni arah kiblat, Alquran dan sajadah.

Hal itu untuk menjamin tamu hotel bisa beribadah dengan nyaman dan aman. Terutama menjelang pelaksanaan MTQ tingkat Jawa Timur di Tuban nanti.

Untuk mengukur arah kibat di musala dan kamar hotel yang ada di Tuban, kemenag menurunkan tim khusus. Agar arah kiblat di musala dan kamar-kamar hotel tepat.

‘’Ini juga berkaitan dengan bakal digelar MTQ Jawa Timur di Tuban,’’ ujar Kepala Kemenag Tuban Sahid, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan, sebagai tuan rumah, Tuban menyiapkan diri sebaik mungkin. Termasuk memastikan seluruh kamar hotel dan musala yang ada di hotel arah kiblatnya benar. Sebab, dipastikan nanti bakal banyak tamu yang menginap di hotel-hotel di Bumi Wali.

‘’Semua harus kita siapkan sejak sekarang,’’ tambahnya.

Sebelumnya, lanjut pria humoris ini, sudah dilakukan rapat koordinasi pengukuran arah kiblat untuk musala dan kamar hotel se Kabupaten Tuban.

Pengukuran kiblat musala dan kamar hotel ini diawali di hotel Fave Tuban di Jalan Basuki Rahmat. Hotel ini terdapat 105 kamar dan satu musala. Pengukuran arah kiblat dilakukan oleh tim khusus kemenag.

Saat MTQ nanti, lanjut Sahid, seluruh kepala daerah, kiai dan dewan hakim untuk penginapannya dipusatkan di Fave hotel.

Selain mengukur arah kiblat, manjemen hotel juga diminta menyiapkan sarana pendukung ibadah lainnya.

“Ini semua adalah tugas besar kita. Paling tidak nanti di kamar ada tiga  komponen yang harus tersedia yakni arah kiblat, Al-Qur’an dan sajadah. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan di catat oleh Allah sebagai amal jariyah,’’ katanya.(lai/yon)