Inilah Mode Transportasi Baru di Tuban yang Dapat Menjawab Keluhan Masyarakat

oleh -2.016 views

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Persoalan transportasi yang selama ini dikeluhkan oleh sejumlah masyarakat Kabupaten Tuban, terkait dengan tidak bisanya angkutan umum menjangkau ke seluruh pelosok kecamatan dan desa akhirnya terjawab.

Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Ronggolawe Sukses Mandiri (Perseroda) membuat terobosan baru. Dengan meluncur mode trasnportasi bajai yang berkapasitas empat orang dengan biaya murah. Untuk sekali naik penumpang hanya dikenai biaya Rp 6000 per km.

Bupati Tuban Fathul Huda usai melaunching Angkutan Lingkungan dan Wisata (Angling) di Gedung KORPRI Kabupaten Tuban, Jum’at (27/7) mengatakan, transportasi baru yang ada di Tuban denga ciri khas pengemudi menggunakan kopiah dan rompi serta transportasi yang bermotifkan batik dibagian bodynya, merupakan icon baru transportasi di Bumi Wali.

“Yang unik, berkesan dan mudah di ingat oleh masyarakat Tuban, serta sangat terjangkau,”katanya.

Menurut dia, transportasi ini juga diharapkan dapat berkembang pesat, agar warga Tuban yang selama ini berprofesi sebagai tukang becak bisa berganti menjalankan transportasi yang baru dikeluarkan sebanyak 10 unit tersebut. Sebab, bagi orang nomor satu di Tuban ini pekerjaan sebagai tukang becak dianggap tidak manusiawi.

“Itu tidak manusiawi, yang lainnya duduk manis di depan, sedangkan yang dibelakang berkeringat tidak karuan dan kehujanan,” jelasnya.

Terpisah, Direktur PT. ronggolawe sukses mandiri, Hadi Karyono Soemodinoto mengatakan, Sebanyak 10 Angkutan Lingkungan akan di launching dan 5 angkutan akan beroperasi hari ini juga, hanya dengan sistem layanan operasional 24 jam. Armada ini memiliki keunggulan anti panas, anti hujan, dan mampu melalui gang-gang sempit.

“Angling siap bersaing, karena kita beda dengan yang lain, dan tarifnya sangat kompetitif,” ungkapnya.(Aff/Im)