ISHARI Tuban Mulai Eksis

oleh
RAKER RENGEL: PC ISHARI Tuban berkumpul bersama mengeksiskan kembali seni hadrah di Tuban. 
TUBAN KOTA– Berkeinginan kuat agar organisasi hadrah tradisinal Islam ISHARI dikenal dan dirasakan eksistensinya oleh masyarakat Tuban, pada akhir 2014 ini Pengurus Cabang ISHARI Tuban melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) pada 26 Desember 2014 lalu. Acara yang baru pertama kali digelar itu ditempatkan di Ponpes Al-Hidayah, Jl. Lukman hakim, Kelurahan Doromukti, Kabupaten Tuban. Tempat itu dipilih karena konon saat Masjid Al-Hidayah yang berada dalam satu komplek dengan Pondok pesantren itu didirikan, sholawat hadrah dipakai untuk mengiringi pembukaan masjid.
Dalam momen bersejarah itu, Ketua PW ISHARI Jawa timur KH. Yusuf Arif beserta sekretarisnya Ust. Nuruddin, turut menyaksikannya. Ketua PW ISHARI Khusus Kiai Munif Sya’roni dan sekretarisnya Ust. Usman juga ikut menyaksikan peristiwa bersejarah itu.
Dalam sambutanya, KH. Yusuf Arif bercerita sejarah perkembangan hadrah ISHARI. Menurut ceritanya, hadrah ISHARI bermula dari Habib Syaikh yang berasal dari Hadramaut-Yaman pada sekitar abad 16-17 silam. Dulu belum bernama ISHARI. Hanya saja ketika telah melalui proses panjang, akhirnya pada 1959 KH. Wahab Chasbulloh yang mengetahui eksistensi hadrah klasik ini memberinya wadah dengan nama ISHARI.
Memberikan motivasi kepada sekitar 80 anggota ISHARI di Kabupaten Tuban yang berasal dari 3 kecamatan (Tuban Kota, Jenu dan Merakurak), Ust. Nuruddin mengkalim bahwa ISHARI adalah seni sholat klasik yang masih orisinil. “Ini belum musta’mal. Kalau seni sholawatan yang lain kan sudah musta’mal. Sudah ketambahan gitar dan macem-macem,” kata dia.

Ketika dilakukan pemilihan, Ust. Musta’in terpilih sebagai Rois Majelis Hadi dan Kiai Ali Maftuhin Zamroni terpilih sebagai Ketua Tanfidzi. Ditanya NUsa terkait program prioritasnya, Kiai Ali akan memfokuskan pada penambahan anggota ISHARI di Kabupaten Tuban dan menjalankan roda organisasi sesuai dengan AD/ART. Disinggung terkait pelaksanaan hadrah ISHARI pada waktu haul Sunan Bonang yang selalu dikelola warga Lamongan, dia berharap tahun depan ISHARI Tuban yang akan menghandlenya. (wakhid)