Jalan Pantura Lengang, Ini yang Harus Diperhatikan

oleh -34 views
LENGANG : Meskii Jalanan Lengang, Pengendara Harus Tetap Waspada

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com –  Memang meski mendekati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, arus lalu lintas di sepanjang jalur Pantura Tuban lengang dan lancar. Sebab, para pemudik lebih memilih melintas di jalan tol Trans Jawa.

Meski demikian harus tetap waspada. Perhatikan himbauan dari polisi dan pihak berwenang agar selamat sampai tujuan.

“Sementara arus mudik di jalur Pantura Tuban masih landai belum ada peningkatan signifikan. Mungkin masyarakat cenderung ingin mencoba tol Trans Jawa,” ujar Kasatlantas Polres Tuban, AKP Ricky Tri Dharma pada waratwan Senin (3/6/2019).

Ricky menjelaskan puncak mudik kemungkinan akan terjadi saat ini. Namun diprediksi jalur Pantura tidak akan mengalami lonjakan volume kendaraan yang signifikan.

Kasatlantas menjelaskan, data yang masuk pada Minggu (2/6/2019) kemarin. Perjam terdapat sekitar 300 kendaraan pribadi yang keluar dan masuk di wilayah Kabupaten Tuban.

“Kita coba hitung rata-rata dalam satu jam ada 300 kendaraan pribadi yang lewat jalur pantura Tuban. Namun untuk jumlah kendaraan truk cenderung berkurang,” tambahnya.

Hal itu memang berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya, H-7 sudah terpantau kepadatan kendaraan roda 2 dan roda 4.

Dengan beroperasionalnya tol Surabaya-Jakarta pemudik cenderung lewat jalur tol. Dengan bebas hambatan di jalan, pemudik akan cepat berjumpa dengan keluarga dan sanak famili.

Namun, longgarnya jalur Pantura ada batas kecepatan kendaraan yang harus diketahui pemudik. Jangan karena mengejar waktu, kemudian keselamatan diabaikan.

“Peringatan untuk kecepatan sudah dipahami oleh pengguna jalan dan rata-rata 60-80 km/jam,” tambah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Muji Slamet pada wartawan.

Dishub telah mendirikan pos pantau di Bancar, Terminal, Res Area, Pantai Boom dan Temangkar. Pos-pos tersebut siaga mulai tanggal 29 Mei sampai 9 Juni 2019.

Dishub Tuban memastikan, jalan sepanjang 817.677 KM jalan di wilayah Tuban dalam kondisi baik menjelang Lebaran Idul Fitri 2019.

Alat perlengkapan jalan terdiri dari, traffic light 24 unit kondisi baik, flash light 38 unit kondisi baik, ATCS 52 kamera kondisi baik, pelican crossing 8 unit kondisi baik.

‘’Juga ada rambu lalu lintas 1.160 unit kondisi baik, marka jalan 2.764 KM kondisi baik, dan paku marka jalan 1.760 unit kondisinya baik,’’ ungkapnya.(yon)

Link Banner