Jangan Takut Api

oleh -
JANGAN TAKUT : Petugas Pemadam Kebakaran saat Mengajari Cara Memadamkan Api

*BPBD Sosialisasi Sekolah/Madrasah Aman Bencana

TUBAN – Jangan takut api. Karena api bisa dikendalikan, bahkan dipadamkan ketika sedang berkobar. Teknik yang benar dan sikap yang tenang bisa menjinakkan api dan menyelamatkan dari bencana kebakaran yang besar.

Hal itulah yang getol di sosialisasikan Badan Penanggulangan Benca na Daerah (BPBD) Tuban. Sejumlah sekolah dan madrasah di Bumi Wali dijadwalkan menerika sosialisasi Sekolah Aman Bencana. Sekolah aman merupakan membangun sikap kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana.

‘’Ini upaya untuk menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan, baik individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi,’’ ujar Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono.

AYO PADAMKAN : Ketika Api Berkobar Ada Teknik Memadamkannya

Karena itu, pihak sekolah, mulai siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh orang yang ada di sekitar sekolah dikenalkan dengan beberapa ragam bencana, penyebab, cara menghindari, dan cara penanggulangannya.

‘’Ketika bencana terjadi, apa yang harus dilakukan, pascabencana haru bagaimana, itu yang kami ajarkan,’’ tambahnya.

Melengkapi sosialisasi itu, BPBD memeragakan praktek penjinakan api oleh Ti Pemadam Kebakaran. Tim memeragakan menjinakkan api dengan alat sederhana. Guru dan siswa diminta untuk mencoba memadamkan api yang berkobar- kobar hanya dengan alat karung goni yang dibasahi air.

‘’Seluruh metode penanganan api, baik penggunaan alat sederhana, hingga penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) diajarkan. Secara bergantian peserta mencoba menjinakkan api. Intinya jangan takut,’’ katanya.

Sosialisasi pertama digelar di SMPN 1 dan SMAN 1 Rengel Senin (13/11). Lalu dilanjutkan di SMPN 1 Soko dan SMPN 1 Parengan pada 14 November. Selanjutnya SMPN 1 Plumpang dan SMPN 1 Widang di hari berikutnya. Lalu di SMPN 2 dan SMPN 6 Tuban pada 16 November. Terakhir di SMPN 7 Tuban dan SMK Pelayaran Tuban pada 17 November.(rizqi)