Jaring Aspirasi, FMK Gelar Rembug Desa

oleh -
FMK Rembug desa dengan perangkat desa dan masyarakat

Wartawan: Edy Suprayogi

Tuban,Tabloidnusa.com-Dalam rangka mencapai program terarah pada 2019 mendatang, Forum Masyarakat Kokoh (FMK) bentukkan P2M-SG sukses mengadakan kegiatan rembug desa perdana yang bertajuk Focus Group Discussion (FGD) di Balai Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, pada Kamis (20/12/2018).

Forum komunikatif dan aspiratif masyarakat itu dihadiri oleh koordinator fasilitator FMK Semen Indonesia, pengurus P2M-SG, Pemerintah Desa meliputi LPMD, BPD, babinsa, babinkamtibamas, PKK dan dan 40 tokoh masyarakat dari berbagai unsur.

Koordinator FMK Bakti Mandiri Desa Glondonggede, Ngadimin menyampaikan, FGD ini merupakan rembug desa yang berguna menampung usulan program FMK kedepannya agar berjalan lebih maksimal.

“Semoga forum musyawarah ini bisa menggaet aspirasi masyarakat secara terbuka, agar program pemberdayaan masyarakat di Desa Glondonggede bisa berjalan sesuai arah yang pasti,” ujarnya.

Terpisah, Pejabat Pelaksana Kepala Desa Glondongggede, Bisri Mustofa, mengucapkan, apresiasi dan terima kasih kepada Pt Semen Indonesia dalam memberikan support positif untuk masyarakat. Terutama, dalam pemberdayaan baik sektor riil maupun materiil.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pt Semen Indonesia atas realisasi melalui P2M SG, sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga kami. Apalagi pendampingan selalu ada melalui tim fasilitator maupun pendampingan di desa ini,” tandasnya.

Sementara itu, meskipun program rembug desa ini baru pertama kali, tapi kegiatan FGD akan berkelanjutan di desa sasaran (P2M-SG). Harapannya, kedepan bisa menjadi program berkelanjutan dan unggulan dalam mengarahkan aspirasi langsung dari dan untuk masyarakat. Sedangkan, tema yang diambil dalam forum FGD kali ini adalah FMK kelembagaan dan perencanaan.

Ditempat yang sama, Senior Manager PT Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo menerangkan, kegiatan ini merupakan bagian dari keterbukaan publik.

“Terima kasih kepada masyarakat mari manfaatkan forum ini untuk sebuah usulan, ide, gagasan, dan masukannya untuk FMK menjadi lebih baik lagi. Kedepannya, agar program (P2M-SG) bisa berjalan sesuai prosedur dan perannya bermanfaat,” harapnya.

Ia mengajak, seluruh masyakarat bersama sama memunculkan ide-ide kreatif untuk membangun potensi- potensi dari sumber daya yang ada.

“Hal itu guna memberdayakan masyarakat, sehingga mampu menjadi lebih berdaya sesuai proporsinya masing-masing,” pungkasnya.

Hal serupa diutarakan Koordinator fasdes P2M-SG, Ikhwan Fahrudin berharap, agar rembug desa ini jadikan media untuk memunculkan ide dan gagasan terbaik. “Semoga ini benar bisa realisasi dan menjadi nilai plus demi FMK lebih baik,” tandasnya.(Edy/Wn)