Jawa Timur Sehat Berawal dari Tuban

oleh -314 views
LEPAS BALON : Wagup Syaifullah Yusuf saat melepas balon sebagai tanda peluncuran program

*Wagub Syaifullah Yusuf canangkan gerakan sehat dengan pendekatan keluarga

 TUBAN – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mencanangkan Jawa Timur Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Kamis (16/11) di Alun-Alun Tuban. Hadir pada kegiatan ini, Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, jajaran Forkompimda Tuban, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan se-Bakorwil Bojonegoro, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa se-kabupaten Tuban serta perwakilan pelajar.

“Jika keluarga sehat akan menjadikan kelurahan/desa, kecamatan, sampai dengan negara Indonesia menjadi sehat pula,”  ujar Gur Ipul, panggilan akrabnya.

Dia mengatakan, melalui Permenkes 39 tahun 2016, pemerintah menggalakkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Tujuannya, mewujudkan semua keluarga beserta anggotanya mendapat pelayanan kesehatan yang komprehensif.

‘’Serta seluruh anggota masyarakat menjadi anggota JKN,’’ tambahnya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), kata dia, menjadi pilihan pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat  yang lebih baik.

Selain itu, kata dia, saat ini angka Kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Melalui Public Safety Center 119 diharapkan menjadi layanan kegawatdaruratan medis melalui nomor 119 yang diselenggarakan 24 jam sehari nonstop.

“Layanan ini dapat diakses secara luas oleh masyarakat melalui telepon seluler maupun telepon rumah,”jelasnya.

Gus Ipul menyatyakan, PSC adalah amanah dari instruksi Presiden No 4 Tahun 2013. Di Jawa Timur sudah 4  kabupaten/kota yang sudah membentuk PSC, salah satunya Kabupaten Tuban.

“Penyampaian informasi kepada masyarakat terkait program ini harus lebih digalakkan agar masyarakat lebih kooperatif dalam pelaksanaannya,”  tandasnya.

Sementara itu Bupati Tuban, Fathul Huda mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pemprov JawaTimur yang memilih Tuban sebagai tempat pencanangan program.

‘’Harapannya dengan program ini terjadi peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Karena sehat merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis,’’ tandsnya. (rizqi)

Link Banner