Jelang Hari Raya Qurban, Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban Akan Cek Kesehatan Hewan

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban mulai melakukan persiapan untuk menghadapi Hari Raya Qurban atau Idul Adha yang jatuh pada Agustus mendatang.

Salah satunya dengan cara memantau dan hewan qurban, pemeriksaan tersebut dijadwalkan pada 16, 20, 21 dan 22 Agustus 2018 di sejumlah pengepul hewan kurban di wilayah Tuban, Semanding dan Merakurak.

“Tim pemeriksaan ini akan diterjunkan hingga waktu penyembelihan,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Lewat Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Eny Dwi. S saat ditemui di kantornya, pada Rabu (25/7/2018).

Ia menjelaskan, petugas akan disebar kesejumlah tempat dan wilayah, dan sasaran secara bertahap dan disesuaikan dengan jadwal.

“Untuk hari H atau pas pada waktu penyembelihan petugas akan di terjunkan di tempat pemotongan hewan qurban seperti masjid dan mushola,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam lemeriksaan ini petugas akan memeriksa kesehatan hewan kurban. Diantaranya kesehatan anti mortem dan posmortem. Anti mortem adalah pemeriksaan terkait kesehatan hewan, seperti kesehatan mata yang biasanya terdapat penyakit mata pada hewan atau yang sering di sebut belelek en. Sedangkan, posmortem ialah pemeriksaan setelah hewan di sembelih. Yakni, pemeriksaan daging dan jeroan hewan kurban setelah hewan di potong. Biasanya di dalam hati tersebut terdapat cacing hati yang kebanyakan ditemukan di hati sapi.

“Pemeriksaan dilakukan petugas tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah hewan kurban siap disembelih atau memiliki penyakit,” pubgkasnya.(Lam/Wan)

Link Banner