Jelang Musim Hujan Ini Himbauan Dinkes

oleh -180 views
INGATKAN DBD : Plt Kepala Dinkes  Endah Ingatkan Bahaya DBD

TUBAN – Menjelang masuk musim penghujan yang diperkirakan akhir Oktober dan November nanti, Dinas Kesehatan  (dinkes)  Kabupaten Tuban mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

‘’ Saat musim penghujan rawan penyakit  DBD menyebar karena banyak genangan-genangan air bekas hujan yang digunakan sebagai sarang nyamuk pembawa penyakit DBD,’’ ujar Plt Kepala Dinkes  Endah Nurul Komariyah.

 

Untuk mengantisipasinya, master bidang administrasi dan kebijakan kesehatan dari Unair Surabaya ini  mengimbau masyarakat untuk melakukan gerakan 3M, yakni menutup, menguras bak mandi, dan mengubur barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.

‘’Ini merupakan langkah awal untuk pencegahan terhadap penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti itu,” tambahnya.

 

Selain itu, dinkes juga siap  melakukan pengasapan (fogging) di sejumlah wilayah yang sering terkena banjir .

“Wabah DBD bisa terjadi di wilayah manapun, terutama pada kawasan yang  rawan banjir. Biasanya bulan – bulan yang paling rawan terjadi di antara bulan Desember hingga Februari,’’ katanya. (zaenul)