Jelang Ramadhan, Harga Cabai dan Bawang Turun

oleh -
Pedagang cabai di pasar baru Tuban

Tuban,Tabloidnusa.com-Menjelang datangnya Bulan Ramadhan yang jatuh pada pertengahan Mei 2018 mendatang, harga sejumlah komoditas pertanian seperti cabai dan bawang mengalami penurunan. Hal itu terlihat di Pasar Baru Tuban harga cabai dan bawang yang cenderung mengalami penurunan, pada Senin (7/5/2018).

Salah satu pedagang Tomo (71) menjelaskan, harga cabai cenderung turun kurang lebih dua sampai tiga minggu ini. Sebab, petani di wilayah Tuban bagian barat telah memasuki masa panen. Sehingga, pasokan di pasar melimpah dan harga cabai cenderung mengalami penurunan.

“Sampai saat ini pasokan cabai masih memenuhi permintaan konsumen dan petani mayoritas sedang panen. Sehingga, pasokan di pasar melimpah, dan hal itu yang menyebabkan harga cabai turun,” jelasnya.

Sementara itu, rincian harga cabai rawit merah yang sebelumnya Rp 30 ribu perkilogram, turun menjadi Rp 12 ribu perkilogram. Cabai rawit hijau yang sebelumnya Rp 20 ribu sekarang menjadi Rp 8 ribu perkilogram. Sedangkan, harga cabai kriting bertahan dikisaran harga Rp12 ribu perkilogram.

“Penurunan harga cabai kurang lebih tiga minggu,” tambahnya.

Senada disampaikan, Rumiatun (44), menurutnya, sudah beberapa minggu ini harga cabe rawit merah turun. Sedangkan, harga cabai merah keriting masih stabil dikisaran harga Rp 12 ribu perkilogram. Sementara untuk bawang merah mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp 20 ribu perkilogram, sekarang menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Bawang putih mengalami penurunan yang sebelumnya Rp 20 ribu perkilogran sekarang menjadi Rp 18 ribu perkilogram.

“Walaupun saat ini harga turun menjelang bulan puasa tidak mempengaruhi tingkat penjualan,” pungkasnya.(Lam/Wn)

Link Banner