JOB PPEJ Raih Proper Hijau

oleh -369 views
PROPER HIJAU : Piala Proper Hijau yang Diterima JOB PPEJ Mengindikasikan Perusahaan itu Ramah Lingkungan
PROPER HIJAU : Piala Proper Hijau yang Diterima JOB PPEJ Mengindikasikan Perusahaan itu Ramah Lingkungan

TUBAN – Perusahaan operator minyak dan gas bumi (Migas) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) tahun ini menerima penghargaan Proper Hijau. Penghargaan dalam bidang pengelolaan lingkungan ini kali pertama diterima. Ini sebagai bukti JOB PPEJ telah melakukan operasinya dengan tetap menjaga lingkungan hidup.

‘’Terkait dengan penghargaan Proper Hijau artinya kita telah melakukan upaya-upaya untuk menjaga lingkungan hidup dan pengelolaan comunnity development dan CSR dengan baik. Sehingga kegiatan operasi kita tidak berdampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar wilayah operasi,’’ ujar Manager Health Safety Environment (HSE) JOB PPEJ Mirza Rabu (17/1), di sela-sela upacara peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2018 di lapangan Mudi Pad B JOB PEJ bersama para karyawan.

Selama 2017, JOB P-PEJ juga berhasil menciptakan Zerro Accident di kawasan lingkungan kerjanya. Sehingga, JOB P-PEJ mendapatkan penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

‘’Hari ini, selain melakukan upacara rutin setiap tanggal 17, kita juga melakukan upacara pembukaan peringatan Bulan K3 yang berlaku secara nasional. Titik poinnya, kita elalu mengkampanyekan K3,’’ tambahnya.

Selama ini sebagai operator di lapangan Mudi dan Sukowati itu, JOB PPEJ telah menerapkan sistim manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dengan baik. Sehingga selama tahun 2017 tidak sampai terjadi adanya gangguan akibat kecelakaan kerja di lingkungan operasi kegiatan JOB PPEJ.

‘’Tahun 2017 kita mendapatkan penghargaan jam kerja selamat tanpa kecelakaan di atas sepuluh juta jam kerja dari Dirjen Migas. Namanya penghargaan Patra Nirbhaya Karya Utama,’’ ungkap Mirza.
Penghargaan itu, kata dia, diraih berkat kerja keras semua karyawan. Juga kesadaran karyawan yang selalu mengutamakan K3 dalam setiap kegiatan operasi. Selama ini, perusahaan juga selalu mengkampanyekan pentingnya K3 sebagai kebutuhahan, sehingga menjadi suatu budaya.

‘’Artinya, untuk mendapatkan penghargaan jam kerja selamat ini kita terus mengkampanyekan dan mengimplementasikan sistem manajemen K3 dengan baik,’’ katanya.

Dalam upacara itu, juga diberikan penghargaan dan apresiasi kepada perwakilan Insan Mutu (CIP) JOB PPEJ yang mendapatkan peringkat Gold pada forum prestasi CIP AP PHE 2017 dan Platinum pada forum UIIA 2017. Upacara ditutup dengan peragaan simulasi pemadaman kebakaran serta pemotongan tumpeng. (rizqi)